Sukses

Lifestyle

5 Jenis Makanan yang dapat Menyebabkan Perut Mulas

Fimela.com, Jakarta Mulas adalah salah satu kondisi yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Ini memberikan efek sangat sakit pada perut. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis makanan dapat memengaruhi perut hingga terasa mulas. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang menyebabkan perut terasa mulas.

Makanan Tinggi lemak

Makanan tinggi lemak dapat menyebabkan seseorang merasa mulas. Makanan ini termasuk seperti alpukat, keju dan kacang-kacangan. Makanan tinggi lemak merangsang pelepasan hormon cholecystokinin (CCK). Selain itu, CCK mendorong makanan agar tetap di perut lebih lama sehingga bisa dicerna lebih baik, namun, ini dapat meningkatkan risiko refluks asam, yang dapat menyebabkan mulas.

Jus Jeruk

Minum jus jeruk ternyata dapat memicu gejala mulas. Jumlah asam yang berlebihan dalam jus jeruk merupakan salah satu penyebab munculnya rasa mulas. Terlebih ketika seseorang mengonsumsi jus jeruk dalam kondisi perut kosong.

Makanan Pedas

Makanan pedas terkenal karena menyebabkan mulas. Makanan ini mengandung senyawa yang disebut capsaicin, yang dapat memperlambat laju pencernaan. Ini berarti makanan akan lebih lama berada di perut yang merupakan faktor risiko mulas.

Bawang

bawang, terutama bawang mentah adalah salah satu pemicu umum mulas pada seseorang. Seperti makanan lain, bawang bombai dapat melemaskan sphincter esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan refluks asam dan gejala mulas.

Alkohol

Asupan alkohol sedang hingga berlebihan juga dapat menyebabkan gejala mulas. Selain itu, minuman beralkohol terutama anggur dan bir dapat meningkatkan jumlah asam lambung yang meningkatkan risiko mulas. Mengonsumsi alkohol yang berlebih secara rutin, juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Banyak makanan dapat menyebabkan mulas pada setiap orang. Jika sering mengalami mulas oleh beberapa jenis makanan di atas ada baiknya untuk mengurangi asupan makanan di atas. Salah satu ide bagus jika dapat membuat buku harian tentang menu makan, sehingga Sahabat Fimela dapat melacak makanan mana yang menyebabkan rasa mulas pada dirimu.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading