Sukses

Lifestyle

Anjuran Cara Puasa yang Sehat bagi Penderita Mag dalam Islam

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan akan segera tiba dan tentunya umat Muslim sedang bersiap menyambutnya. Ramadan adalah satu bulan di mana seluruh umat Muslim di dunia melakukan puasa Ramadan, hal ini seperti anjuran firman Allah dalam Alquran (Surat Al-Baqarah: 184).

Namun bagaimana dengan penderita mag? Sebenarnya penderita mag tidak memiliki alasan untuk meninggalkan puasa karena berdasarkan penelitian, puasa tidak menimbulkan dampak buruk bagi penderita penyakit mag, selain itu bisa sangat bermanfaat untuk mencegah mag dan mengurangi peradangan pada lambung.

Jadi, berikut ini adalah beberapa tips dalam Islam bagi penderita mag agar tetap lancar dalam menjalankan ibadah puasa. Ini dia tipsnya.

Jangan Meninggalkan Makan Sahur

Sebagaimana dalam hadits Rasullulah disebutkan bahwa puasa umat Islam berbeda dengan puasa umat beragama lain dan salah satu pembeda tersebut adalah sahur. Makan sahur sangat penting sebelum menjalankan puasa karena dapat menjaga asupan energi yang dibutuhkan di siang hari, terlebih bagi penderita mag jangan sampai mengabaikan sahur.

Makan cukup makanan bergizi yang memiliki cukup karbohidrat, protein dan serat dan Anda juga bisa minum susu hangat karena susu dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada perut kecuali untuk penderita intoleransi laktosa.

Hindari Tidur Setelah Subuh

Salah satu kebiasaan buruk banyak orang pada saat puasa ialah tidur setelah waktu makan di waktu sahur. Sebenarnya hal ini bisa berbahaya bagi penderita mag karena tidur setelah makan bisa memicu produksi asam lambung dan membuat perut terasa tidak nyaman.

Jadi, lebih baik makan di akhir waktu sahur dan menunggu pagi datang dengan sholat sunnah, membaca alqur'an dan berdzikir. Tidur setelah makan juga akan membuatmu merasa malas untuk bangun dan mulai beraktivitas.

Makan Secukupnya saat Buka Puasa

Penderita mag disarankan untuk berbuka puasa dengan makanan yang cukup dan menghindari konsumsi makanan yang berlebihan.

Jangan jadikan momen buka puasa sebagai momen balas dendam karena makan berlebihan saat buka puasa bisa menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan. Seperti anjuran Rasulullah Saw, 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 untuk udara.

Makan Tiga atau Empat Jam Sebelum Tidur

Agar sistem pencernaan bekerja maksimal maka lebih baik berhenti makan tiga atau empat jam sebelum tidur. Hal ini dapat mengurangi beban saluran cerna dan memberi kesempatan tubuh untuk memperbaiki kerusakan lambung saat tidur.

Kurangi Makanan Pedas, Asam dan Berminyak

Umat Muslim di dalam Alquran tidak hanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang halal namun juga yang baik. oleh karena itu, kurangilah makanan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Makanan yang pedas, asam dan berminyak dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan ada baiknya bagi menderita penyakit mag menghindari jenis makanan tersebut dan juga mengurangi buah-buahan asam seperti lemon, jeruk, anggur dan tomat.

Demikianlah ulasan tentang beberapa tips berpuasa yang sehat bagi penderita mag dalam Islam. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading