Sukses

Lifestyle

5 Alasan yang Membuat Perempuan Lebih Mudah Menangis

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan perempuan dikenal sebagai mahluk yang lembut, sangat sensitif dan emosional. Inilah yang menyebabkan mereka lebih mudah menangis, karena mereka lebih cepat merasakan hal yang terjadi di sekitarnya dan ini juga didukung oleh beberapa penelitian. Lalu mengapa perempuan lebih mudah menangis? Ini dia alasannya.

1. Perasaannya lebih mudah tersentuh

Alasan perempuan mudah menangis adalah karena perempuan menggunakan perasaan lebih dominan daripada pria. Seperti yang dilansir pada laman The Cut, sebuah penelitia menemukan perempuan menangis 30 hingga 64 kali setahun, sedangkan pria hanya menangis 6 hingga 17 kali per tahun. Hasil ini juga menunjukkan bahwa perasaan merupakan faktor penyebab. Air mata yang menetes disebabkan oleh pengaruh emosional.

2. Saluran air mata lebih pendek

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan perempuan mudah menangis karena perbedaan kondisi biologis pria. Ada beberapa penelitian selama bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa pria memiliki saluran air mata yang lebih besar di mata mereka, sehingga kecil kemungkinan air mata mengalir dari kelopak mata ke pipi. Pada tahun 1960-an, seorang dokter dari University of Michigan mengukur masing-masing panjang dan kedalaman saluran air mata. Hasil laporan tersebut menemukan bahwa perempuan memiliki saluran air mata yang lebih pendek dan dangkal dibandingkan pria.

3. Perbedaan hormon

Selain itu, wanita juga memiliki perbedaan hormonal. Dimana hormon tertentu bisa mendorongnya untuk lebih mudah menangis dan lebih sering dibandingkan pria. Perbedaan kadar prolaktin ini dapat membantu menjelaskan perbedaan dalam menangis, serta perbedaan lain dalam ekspresi emosional dan kerentanan depresi antara pria dan wanita. Air mata emosional ditemukan mengandung prolaktin, hormon yang ditemukan 60% lebih tinggi pada wanita dewasa daripada pria dewasa.

4. Pengaruh sosial

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan tingkat menangis antara jenis kelamin tampaknya lebih besar di negara-negara dengan kebebasan berekspresi yang lebih besar seperti AS atau dibandingkan dengan banyak negara berkembang. Selain itu, sudah menjadi kebiasaan di mana tangis pria dianggap sebagai tanda kelemahan, sedangkan perempuan tidak memiliki masalah ketika harus menangis. Hal ini menyebabkan pria lebih sedikit menangis.

5. Takut kehilangan

Seperti yang dilansir pada laman liputatan6.com bukan hanya karena sisi emosional yang membuat perempuan mudah menangis. Tetapi ketika menghadapi masalah di kehidupannya apalagi dengan orang yang dicintainya, perempuan cenderung memikirkan hal negatif yang membuatnya merasa ketakutan akan hal yang tak diinginkan, seperti takut kehilangan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa alasan yang membuat perempuan lebih mudah menangis daripada pria.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading