Sukses

Lifestyle

5 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Tak Karuan

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang membuat pikiran kita jadi tidak tenang, seperti masalah, stres berlebih, marah, rasa sedih dan sebagainya. Pikiran yang tidak tenang mudah membuat kita kurang fokus dan menurunkan kinerja kita. Tetapi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan hati dan pikiran saat merasa stres dan banyak masalah.

1. Mengatur pernapasan

Saat kamu merasas cemas, gelisah, atau bahkan emosi, kamu bisa menenangkan dirimu dengan mengatur napas. Tariklah napas secara perlahan melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Bernapas secara teratur akan membuat oksigen mengalir ke otak lebih banyak dan pikiran akan terasa jauh lebih tenang.

2. Pergi ke tempat yang sepi

Saat banyak pikiran, sulit bagi kita untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Sehingga kamu butuh tempat yang sepi untuk menangis dan berpikir dengan jernih. Beberapa tempat yang bisa kamu gunakan untuk menyendiri adalah kamar mandi, tempat tidur atau tempat wisata alam seperti pantai.

3. Curhat

Jika kamu merasa sedang banyak pikiran, cobalah untuk mengungkapkan perasaan yang kamu rasakan pada seseorang. Hubungi seseorang yang bisa kamu percaya, tapi tugasnya hanya untuk mendengarkanmu bukan untuk memberikan pendapat atau saran. Terkadang saat ada masalah yang kita butuhkan bukanlah nasihat tetapi hanya didengarkan.

4. Membaca buku

Membaca buku adalah cara paling positif untuk mengalihkan pikiranmu sementara waktu. Dengan membaca, itu akan membuatmu lebih fokus pada satu hal sehingga melupakan masalah yang ada. Menurut sebuah penelitian, membaca buku juga dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Selain mengalihkan pikiran, membaca juga akan memperkaya pengetahuanmu.

5. Beribadah

Beribadah adalah salah satu cara untuk menenangkan hati dan pikiran. Berdoalah kepada tuhan dan mendekatkan diri adalah salah satu terapi yang paling ampuh saat sedang tertekan dan banyak pikiran. Lakukanlah ibadah pada waktu tertentu seperti di sepertiga malam atau pagi hari sebelum memulai beraktivitas.

Merasa pikiran kacau dan tidak tenang adalah hal yang wajar, tapi kamu tak perlu khawatir karena bisa mengatasoinya dengan beberapa cara di atas.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading