Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Siapa di sini yang masih suka pakai sistem 'SKS' alias sistem kebut semalam? Nah, ini biasanya terjadi karena kamu sering menunda pekerjaan, sehingga mendekati deadline kamu malah kalang kabut menyelesaikannya. Alhasil, waktu istirahatmu kurang dan pekerjaanmu tak bisa dikerjakan secara maksimal.

Buat kamu yang masih suka menunda pekerjaan, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

1. Memahami situasi diri

Memahami situasi dan kondisi diri saat mengerjakan sesuatu memang sangat penting. Misalnya, kalau kamu orang yang suka ketenangan saat bekerja, carilah tempat hening agar tak banyak gangguan. Kalau kamu gampang ngantuk atau jenuh, kamu mungkin bisa mengerjakan tugas sambil menyetel musik atau mencari suasana baru.

2. Hindari perasaan terbebani

Kalau kamu dari awal sudah merasa terbebani, maka sulit bagi kamu untuk mengerjakan tugasmu dengan sepenuh hati. Sebaliknya, tugas akan terasa berat dan tak ada semangat untuk mengerajakannya. Kamu mungkin bisa memecah tugas besar menjadi lebih spesifik, sehingga kamu tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

3. Hindari sifat perfeksionisme

Jangan pernah membebani diri dengan ekspektasi yang terlalu tinggi, yang malah bisa membuatmu kurang maksimal dalam mengerjakan sesuatu. Lakukanlah semuanya sesuai dengan kemampuan terbaikmu, yang terpenting kamu sudah bersungguh-sungguh.

4. Mengatur waktu

Mengatur waktu memang bukan hal yang mudah, tapi kalau dibiasakan sedikit demi sedikit, ini tak akan sulit dilakukan hingga seterusnya. Atur waktu kapan kamu harus bekerja, bermain dan beristirahat agar tak ada tumpang tindih satu sama lain.

5. Berikan apresiasi pada diri sendiri

Kamu bisa memberikan apa saja yang dapat menyenangkan hati karena sudah menyelesaikan tugas. Selain bisa meningkatkan suasana hati, ini juga bisa memotovasimu dan memberikan kepercayaan diri yang lebih baik.

Menunda pekerjaan mungkin membuatmu bahagia sesaat, tapi setelah itu kamu tak akan mendapatkan ketenangan dan waktu istirahat karena pekerjaan yang semakin menumpuk. Setiap kamu menunda satu pekerjaan, maka pekerjaanmu akan berkembang biak sebanyak sepuluh kali lipat.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading