Sukses

Lifestyle

5 Cara Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain agar Hati Tenang

Fimela.com, Jakarta Makin sering membandingkan diri dengan orang bisa membuat kita makin mudah gelisah. Setiap kali membuat sebuah perbandingan, rasanya selalu saja ada yang salah dengan kehidupan kita sendiri. Bahkan ketika kit makin terobsesi membuat perbandingan diri, kita bisa makin gampang stres.

Agar hati bisa lebih tenang, perlu mengurangi kebiasaan membanding-bandingkan diri. Caranya bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana seperti berikut ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Hindari Pemicu Stres

Kalau tiap kali membuka media sosial kamu merasa makin rendah diri karena melihat kehidupan orang lain yang tampak jauh lebih baik darimu, mungkin kamu perlu berhenti membuka media sosial untuk sementara waktu. Kenali pemicu rasa stres dan tertekannya, lalu coba jaga jarak dari itu. Setidaknya dengan begini, kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk fokus menjalani hidup sendiri.

 

 

2. Sadari bahwa Tiap Orang Punya Jalan Hidup Sendiri

Ingatkan diri dan kembali sadari bahwa tiap orang punya jalan hidup sendiri. Perjuangan dan perjalanan masing-masing individu tidak ada yang benar-benar sama. Masalah dan ujian hidup yang dihadapi tiap orang juga berbeda-beda. Jadi, terima saja realitas ini dan tak perlu terus menerus menakar dan mengukur standar hidup tiap orang.

 

 

3. Syukuri Semua yang Sudah Kamu Miliki

Kehidupan orang lain tampak lebih baik darimu, ya sudah tak apa. Ada yang pencapaiannya lebih hebat darimu, ya itu memang hasil dari kerja kerasnya. Tak perlu merasa iri atau cemburu dengan kehidupan orang lain sebab kamu punya kehidupan sendiri yang sudah indah. Syukuri saja semua yang sudah dimiliki, maka hati pun bisa makin tenang.

 

 

4. Perjuangkan Prioritas-Prioritas Kehidupan Sendiri

Orang lain punya prioritas hidupnya sendiri, begitu juga dengan dirimu. Kamu juga punya kebutuhan dan prioritas sendiri. Jadi, coba optimalkan waktu yang dimiliki untuk melakukan hal-hal yang memang terbaik untuk diri sendiri. Sibukkan diri dengan hal-hal yang produktif sehingga hidupmu jadi terasa lebih bermakna.

 

 

5. Gunakan Diri Sendiri sebagai Perbandingan

Maksudnya adalah berusahalah untuk menjadi versi diri yang lebih baik dari waktu ke waktu. Tak perlu menjadikan orang lain sebagai perbandingan. Jadikan saja diri sendiri sebagai perbandingan. Setidaknya dirimu yang saat ini perlu lebih baik dari dirimu yang sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi menjalani hidup yang lebih baik.

Semoga ke depannya kamu bisa menjalani hidup yang lebih baik lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan segal hal yang terbaik dalam hidupmu hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading