Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Semangat Hidup yang Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, kita tak terlepas dari pengalaman tak menyenangkan. Termasuk pengalaman gagal menggapai sesuatu atau gagal di saat yang tak pernah diduga sebelumnya. Tahun ini pun mungkin kamu juga masih dihadapkan pada kegagalan demi kegagalan baru.

Walau berat, tapi langkah kaki tetap perlu diarahkan ke depan. Kegagalan yang ada bukan akhir dari segalanya. Meski tahun ini kamu masih dihadapkan banyak kegagalan, semua itu masih bisa diubah menjadi semangat hidup yang lebih baik. Caranya bisa dimulai dari hal-hal berikut ini.

 

 

1. Apresiasi Usaha yang Sudah Dilakukan

Anggap kegagalan sebagai sebuah pencapaian. Sebab dalam kegagalan yang kamu alami, ada hal baru yang sudah kamu lakukan. Usaha yang kamu lakukan ini sangat layak diapresiasi. Mengutip buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah, orang yang selalu ingin berhasil dalam segala hal akan mudah cemas berlebihan saat ia tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik. Keinginan untuk selalu berhasil dalam segala hal bisa membuat gampang malah gampang cemas. Apresiasi saja usaha yang dilakukan, maka ada hati yang lebih kuat yang hadir di dalam dirimu.

 

 

2. Tepuk Pundak Sendiri dengan Penuh Kasih

Wajar jika manusia mengalami kegagalan sebab tidak ada manusia yang sempurna. Kegagalan memang sempat membuatmu terpuruk dan terjauh. Bahkan membuatmu kehilangan harapan menjalani hidup. Namun, saat kamu bisa kembali menepuk pundak sendiri dan berterima kasih pada diri sendiri yang memilih untuk bertahan, maka kamu akan menemukan sumber kekuatan baru untuk bisa kembali melangkah ke depan.

 

 

3. Bertumbuhlah dari Kegagalan yang Dialami

Melansir laman Very Well Mind, kegagalan merupakan peluang untuk terus bertumbuh sebagai individu. Saat kita bisa mendapat pelajaran penting dari kegagalan yang kita alami, maka tak ada yang sia-sia dari semua hal yang sudah kita lakukan dan usahakan. Bersedih secukupnya saja, karena setelah itu kamu masih perlu bangkit dan melangkah lagi untuk bertumbuh. Setelah badai menerpa hidupmu, yakinlah pelangi baru akan menyambutmu selama kamu masih mengizinkan dirimu untuk membuka mata.

 

 

4. Hadirkan Harapan-Harapan Baru

Kegagalan yang kamu alami bisa menjadi sinyal ada sesuatu yang perlu kamu ubah atau sesuaikan lagi. Bukan berarti kegagalan mengakhiri segalanya. Bisa jadi ini justru menjadi awal untuk sesuatu yang baru. Maka, hadirkan saja harapan-harapan baru dalam hidup. Dengan sebuah harapan baru, semangat hidup yang baru juga bisa makin kuat.

 

 

5. Berdamailah dengan Kenyataan yang Ada

Kegagalan mungkin menghadirkan pengalaman buruk tapi saat bisa berdamai dengan semuanya, maka dirimu bisa menjadi pribadi yang makin tangguh. Ada hal-hal yang berada di luar kuasa dan kendali diri kita. Ada juga yang masih bisa diperbaiki atau diupayakan kembali. Dengan memahami hal tersebut, kita pun bisa senantiasa menghadirkan senyuman baru dalam menyambut hari yang baru.

Semoga ke depannya kamu dianugerahi hati yang lebih kuat dan jiwa yang lebih tegar lagi, ya. Yakinlah setiap kegagalan akan menghadirkan kekuatan baru dalam hidupmu.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading