Sukses

Lifestyle

5 Tanda Sebenarnya Dirimu Bisa Bangkit dari Kegagalan

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami kegagalan, dunia rasanya runtuh. Harapan hidup pun bisa hilang, dan kita merasa hilang arah hingga seakan tersesat dalam hidup. Tak ada lagi semangat untuk melangkah ke depan, bangkit dari kegagalan pun sangat sulit.

Walaupun sulit, kegagalan tak perlu diratapi terlalu lama. Bersedih pun secukupnya saja. Sebab di dalam dirimu sebenarnya ada hati yang kuat dan jiwa yang lebih tegar. Dirimu sebenarnya bisa bangkit dari kegagalan dan menyambut hidup yang lebih baik.

 

 

1. Bisa Mengapresiasi Perjuangan Sendiri

“Keep Going

Your hardest times often lead to the greatest moments of your life. Keep going. Tough situations build strong people in the end.”― Roy T. Bennett, The Light in the Heart

Selama kamu masih bisa mengapresiasi perjuangan sendiri, maka kamu sebenarnya selalu punya kekuatan dan kemampuan untuk bangkit lagi. Sebab kamu menyadari bahwa tiap proses yang kamu jalani dalam hidup ini berharga. Bahkan kegagalan tak kamu anggap sebagai hal yang benar-benar buruk karena ada pelajaran yang bisa kamu ambil dari pengalaman tersebut.

 

 

2. Masih Memiliki Harapan

“Success is not obtained overnight. It comes in installments; you get a little bit today, a little bit tomorrow until the whole package is given out. The day you procrastinate, you lose that day's success.”― Israelmore Ayivor

Kegagalan memang sempat membuatmu terjatuh dan terpuruk. Walau pengalamannya menyakitkan, tapi selama kamu masih memiliki harapan ada hal baik yang masih bisa dipertahankan dan diperjuangkan, maka kamu bisa bangkit untuk melangkah ke depan. Hari esok memang tak menjanjikan keberhasilan, tapi ketika memutuskan untuk melangkah lagi saat ini maka sudah ada kekuatan baru yang terbentuk di dalam dirimu.

 

 

3. Bisa Berdamai dengan Keadaan

“Courage doesn't always roar, sometimes it's the quiet voice at the end of the day whispering 'I will try again tomorrow”― Mary Anne Radmacher

Kamu bisa bangkit lagi dari kegagalan saat kamu bisa berdamai dengan keadaan. Menghadapi dan menjalani realitas setelah mengalami kegagalan memang terasa pahit. Namun, berdamai dengan keadaan akan meringankan hati dan perasaan. Lalu, kekuatan untuk melangkah ke depan akan terbentuk lagi.

 

 

4. Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

“You can dance in the storm. Don't wait for the rain to be over before because it might take too long. You can can do it now. Wherever you are, right now, you can start, right now; this very moment.”― Israelmore Ayivor

Kegagalan tak ubahnya menghadirkan perubahan baru dalam hidup. Selama kamu bisa berusaha untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada, maka sebenarnya kamu bisa bangkit dari kegagalan. Kamu masih bisa meraih kebahagiaan dan keberhasilan baru selama kamu tidak menyerah atau putus asa begitu saja dalam hidup.

 

 

5. Bisa Memetik Hikmah dari Pengalaman yang Ada

“Some of the most beautiful things we have in life comes from our mistakes.”― Surgeo Bell

Kesalahan dan kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Selama kamu bisa mengambil hikmah atau memetik pelajaran dari pengalaman kegagalan yang ada, maka kamu akan selalu bisa menemukan semangat untuk bangkit kegagalan. Kegagalan bukan akhir dari segalanya karena langkahmu masih panjang di depan.

Semoga apa pun kegagalan yang pernah atau sedang kamu hadapi tak membuatmu terpuruk terlalu lama, ya. Ke depannya pasti ada hal baik yang bisa kamu dapatkan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading