Film 90-an, Donny Kesuma Atlet Softball yang Sukses Jadi Aktor

Henry Hens diperbarui 10 Agu 2016, 20:42 WIB

Fimela.com, Jakarta Banyak aktor dan aktris Indonesia yang mengawali karir dari bidang model. Namun jalan berbeda ditempuh oleh Donny Kesuma, salah seorang artis yang dikenal luas di era 90-an sebagai pemain sinetron. Pemilik nama lengkap Donny Kesuma Hudayat ini awalnya adalah seorang atlet softball.

Ia juga menempuh pendidikan dan kemudian bekerja di bidang perbankan. Selain sebagai atlet, Donny ternyata punya bakat lain yaitu di bidang akting. Perawakan Donny yang tinggi, tegap dan berwajah tampan, menarik minat sejumlah produser untuk menggaetnya sebagai bintang sinetron.

Pria kelahiran Bandung, 6 Juni 1968 ini pun menyambut tawaran tersebut dan kemudian membintangi sejumlah sinetron. Diantaranya adalah Bidadari yang Terluka di tahun 1997 yang membuat namanya mulai dikenal. Setelah bermain sinetron, Donny juga laris menjadi bintang iklan sejumlah produk. Diantaranya adalah sebuah produk minuman berenergi.

Perjalanan karir Donny Kesuma memang termasuk unik, karena biasanya pemain sinetron Indonesia banyak mengawali kiprahnya dari dunia model maupun iklan. Saat kegiatannya di dunia hiburan belum terlalu padat, Donny masih sempat menjalani profesi sebagai atlet softball. Selain sinetron, Donny tampil di beberapa film layar lebar. Donny pernah tampil di film Love and Edelweis, Kesurupan Setan, My Idiot Brother dan Dua Tanda Cinta.

Suami dari Yuni Indriyati ini juga pernah bermain di serial Police 86 yang bergenre drama-komedi dan mengangkat kehidupan polisi. Donny baru tampil di season 2 dan berperan sebagai Komandan Drajad. Ia menggantikan Donny Damara yang di season 1 memerankan Komandan Anton. Selain Donny, serial tersebut juga dibintangi oleh Indra Birowo, Sinyorita Esperanza, Nabila Putri, Robby Tremonti dan Five Vi.

Belakangan ini Donny jarang tampil di layar kaca. Di tahun lalu, ayah dari dua anak ini sempat tampil di sinetron Rajawali sebagai pemain pendukung. Namun sinetron yang juga dibintangi oleh Verrel Bramastha, Baim Wong, Irish Bella dan Natasha Wilona itu kurang mendapat sambutan dan hanya bertahan sampai 28 episode.

Walaupun belum ada lagi karya terbarunya, nama Donny Kesuma masih tetap dikenal sebagai salah satu artis yang eksis di era 90-an. Jalan karirnya pun cukup unik yaitu dari atlet softball menjadi artis sinetron dan film.

What's On Fimela