Perbedaan Usia Penyebab Perpisahan?

Fathan Rangkuti diperbarui 17 Sep 2016, 19:14 WIB

Fimela.com, Jakarta Banyak yang mengatakan, kalau sudah urusan cinta, perbedaan usia hanya soal angka. Terkadang ungkapan tersebut ada benarnya. Seperti yang kita ketahui, di luar sana, ada lho kisah cinta gadis muda menikah dengan pria yang jauh lebih tua atau sebaliknya.

BACA JUGA

Berkaitan dengan hal tersebut, Emory University di Atlanta melakukan sebuah penelitian yang melibatkan tiga ribu orang dan menemukan fakta bahwa semakin jauh perbedaan usianya, semakin besar pula peluang mereka untuk berpisah. Pasangan yang berbeda usia lima tahun memiliki risiko perpisahan sebesar 18 persen lebih banyak dari yang berusi sebaya.

Sedangkan untuk beda usia 10 tahun, risikonya sebesar 39 persen, dan beda usia 20 tahun, risikonya bisa mencapai 95 persen. Menurut peneliti, idealnya jarak umur pasangan adalah satu tahun, dengan risiko perpisahan hanya tiga persen saja.

Meski kesimpulan tersebut diambil dari data, para peneliti tetap menyadari akan adanya pola yang berbeda pada setiap pasangan. Perpisahan bisa juga dipicu oleh sikap, kepribadian, juga prinsip pasangan dalam memandang masa depan mereka.

Hugo Mialon, salah satu peneliti yang terlibat di sana menambahkan, "bisa jadi tipe-tie pasangan dengan karaker tersebut adalah pasangan yang secara rata-rata rentan bercerai karena berbagai alasan lainnnya." Jadi, perbedaan usia bukan satu-satunya penyebab perpisahan.