Ngucapin Selamat untuk Mantan yang Menikah: Yay or Nay?

Fathan Rangkuti diperbarui 11 Okt 2016, 11:56 WIB

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang yang pernah berarti, pentingkah mengucapkan selamat jika si mantan menikah lebih dulu dari kamu?

Sebenarnya, nggak ada suatu keharusan ataupun larangan untuk mengucapkan selamat kepada mantan yang menikah. Kamu boleh saja menyampaikan turut berbahagia karena dia telah menemukan tambatan hatinya, tapi boleh juga memilih untuk nggak peduli. Semuanya tergantung bagaimana hubunganmu dengannya setelah kisah percintaan kalian kandas.

Jika kamu dan sang mantan memang baik-baik saja, apalagi masih di satu lingkup pertemanan pasca putus, nggak ada salahnya sekadar memberinya selamat jika kabar itu disampaikan langsung olehnya kepadamu. Tapi, jika kamu memang tak pernah lagi berkomunikasi dengannya setelah itu, dan dia tak menyampaikan kabar soal pernikahannya kepadamu, malah akan aneh jika kamu tiba-tiba memberinya selamat.

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah bagaimana pasangan barunya. Ada kan, tipe orang yang sama sekali nggak bisa menerima kehadiran masa lalu dari pasangannya. Nah, kalau kamu tahu pasangan baru mantanmu bertipe seperti itu, nggak perlu mengucapkan selamat akan lebih baik untuk menghargainya.

Beda lagi kalau kamu masih menyimpan perasaan padanya. Ini sih, jelas nggak perlu. Selain untuk menghindari kecanggungan, nggak mengucapkan selamat menikah kepada mantan yang masih kamu cinta juga bisa menyelamatkanmu dari kesedihan. Kalau kondisinya begini, kamu juga perlu menjauh dari media sosial agar nggak terpancing untuk mengumbar kegalauan akibat ditinggal nikah, juga terhindar dari foto-foto pernikahannya yang mungkin bertebaran di akun linimasamu.

Jadi, mengucapkan selamat untuk mantan yang menikah; yay or nay?