Tips Menyeduh Teh Agar Nikmat Maksimal

Henry Hens diperbarui 08 Mar 2017, 22:28 WIB

Fimela.com, Jakarta Teh termasuk minuman paling digemari di seluruh dunia. Selain kopi, teh memamg minuman yang digemari banyak orang karena rasanya yang khas dan cocok diminum di berbagai kesempatan. Dua minuman ini selalu 'nangkring' di setiap menu restoran maupun warung manapun yang kamu datangi.

Seringkali ditambah dengan susu, kopi dan teh sudah menjuarai hari masyarakat di setiap tetesnya. Selain itu, teh juga bisa menghangatkan sekaligus menyehatkan tubuh kita. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa membuat teh dengan rasa yang nikmat.

Kenapa begitu? Hal ini ternyata hal ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Misalnya jenis teh yang digunakan dan cara menyeduhnya. Agar rasanya enak, ternyata penyeduhan teh tidak boleh dilakukan sembarangan. Seperti dilansir dari liputan6.com dan Lifetracker, setidaknya ada empat kunci menyeduh teh supaya rasanya nikmat maksimal.

Tidak memakai microwave

Salah satu elemen terpenting dalam menyeduh teh enak adalah temperatur air. Sementara microwave tidak memberikan kontrol pada temperatur, dengan begitu airnya tidak terlalu baik untuk menyeduh teh..

Sesuaikan lama penyeduhannya

Setiap jenis teh punya lama penyeduhan tersendiri untuk memaksimalkan rasanya. Teh putih, kuning, dan hijau membutuhkan waktu penyeduhan sekitar 1-2 menit. Sedangkan teh oolong dan hitam membutuhkan waktu 2-3 menit, dan teh herbal sekitar 3-6 menit.

Jangan sepelekan air lelehan es

Es teh memang nikmat dan pas jika diminum saat udara panas. Tapi ingat, jangan sampai kamu meneguk air yang akan meleleh dari es, karena akan mengurangi cita rasa teh itu sendiri. Buat lah teh lebih kental dibanding saat kamu membuat teh panas untuk menyesuaikan air lelehan es.

Pakai daun teh dan peralatan seduh terbaik

Daun teh berkualitas baik akan menghasilkan teh yang baik pula. Sementara peralatan seduh yang baik, misalnya mug, teko, dan jug berkualitas ternyata akan menjaga temperatur teh yang kita seduh tetap baik dan nikmat.

What's On Fimela

Tag Terkait