7 Penyebab Uban Muncul Lebih Dini

Fimela Editor diperbarui 25 Jun 2013, 11:59 WIB
Lack of Vitamin B12 Kekurangan vitamin B12 disebut-sebut juga menjadi salah satu penyebab munculnya uban sejak dini pada rambut. Bisa jadi uban yang tiba-tiba muncul di rambutmu adalah tanda bahwa kamu kekurangan vitamin B12 ini! Mulai sekarang, perbanyak deh konsumsi susu, keju, dan juga ikan untuk mencukupi asupan vitamin B12-mu ya!
Smoking Well, smoking is always bad for your health and of course your hair, also. Merokok dapat mempercepat proses penuaan yang terjadi pada seluruh tubuh, salah satunya soal munculnya uban pada rambut. Beware of that free radicals!
Teeth Whitening Products Siapa sangka bahwa penggunaan produk whitening untuk gigi yang berlebihan juga mampu memicu timbulnya uban yang timbul prematur. Hal ini disebabkan oleh kandungan hydrogen peroxide yang terdapat di dalam produk whitening gigi. It builds up naturally in hair follicles as chemical reactions. Sebenarnya hal ini bisa diatasi oleh enzim yang diproduksi tubuh, sayangnya produksi enzim semakin berkurang seiring bertambahnya usia.
Blame The Genetics Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya uban prematur pada rambut adalah faktor genetik. Tanya pada ayah atau kakekmu, sejak usia berapa uban mereka mulai muncul? Jika mereka mengalami uban pada usia tertentu saat masih terbilang muda, bisa jadi kamu juga akan mendapatkan uban pada kisaran usia yang sama. Don’t blame them, just cover the gray hair.
Sun Exposure Penelitian terbaru yang dilakukan Nature Medicine menunjukkan bahwa paparan sinar matahari juga bisa memicu munculnya uban prematur pada rambut. UV B pada sinar matahari dapat memicu migrasinya melanosit dari folikel rambut ke kulit sehingga kulit menjadi lebih tan dari biasanya. Yes, the ultraviolet light caused the stem cells to leave the hair follicle. Kulit boleh terlihat lebih seksi dengan warna tan yang kamu dapatkan, pikirkan juga soal kondisi yang terjadi pada bagian rambut. Keep doing the right way.
Stress Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres juga bisa menyebabkan beragam permasalahan tubuh, salah satunya adalah kemunculan uban secara prematur. Proses bagaimana stres mampu mempengaruhi kemunculan uban secara prematur ini terbilang panjang. Intinya, stres bisa memperlambat proses produksi melanosit pada folikel rambut sehingga munculnya uban pada beberapa bagian rambut. Berhubung belum waktunya rambut untuk beruban secara keseluruhan karena faktor usia, uban hanya muncul pada beberapa helai rambut yang kekurangan melanosit ini.