I Love My Body, I Love Myself: Komentar-Komentar Yang Tak Ingin Didengar Perempuan Tentang Tubuhnya

Fimela diperbarui 06 Mei 2014, 14:30 WIB

Ladies, bagaimana Anda melihat tubuh Anda sekarang? Terlalu gemuk, terlalu kurus atau proporsional? Banyak perempuan yang tak suka membicarakan ukuran tubuhnya, baik itu yang merasa gemuk ataupun kurus.

Perempuan merasa sensitif terhadap topik ini. Ketika pembicaraan tentang ukuran tubuh dan gambaran body image yang sempurna, semua orang punya pendapat yang berbeda. Tentunya, setiap orang tak bisa dituntut memiliki tubuh seindah Tyra Banks karena kita semua memiliki tipe tubuh yang berbeda.

Meskipun sebagian perempuan bisa menerima pendapat orang lain tentang tubuhnya dengan cuek, tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya tidak diucapkan kepada perempuan tentang tubuhnya. Dari curhatan sahabat-sahabat Vemale, berikut 4 komentar yang dibenci perempuan tentang tubuhnya.

(vem/wnd)
What's On Fimela
2 dari 5 halaman

''Kamu Lebih Cantik Deh Kalau ...''

Foto: copyright tumblr.com

"Kamu bakal lebih cantik kalau mengurangi/menambah berat badanmu beberapa kilo lagi."

Pernah mendengar komentar ini? Sahabat Vemale mengaku sering kesal mendengar komentar ini karena bagi mereka kecantikan tidak hanya tercermin dari ukuran rok atau besar kecilnya lengan seseorang.

Sebaliknya, kecantikan justru terlihat dari cara seorang perempuan memperlakukan orang lain, kepedulian mereka terhadap sekitar dan tahu menempatkan diri. Daripada dikatakan lebih cantik, sahabat Vemale lebih menerima jika seseorang menyarankan mengurangi/menambah bobot mereka dengan alasan kesehatan.

3 dari 5 halaman

''Baju Stripes Itu Bikin Kamu ...''

Foto: copyright tumblr.com

"Baju stripes itu bikin kamu jadi kelihatan gendut, deh!"

Sebetulnya beberapa motif baju, misalnya garis-garis menyamping memang memberikan ilusi bentuk tubuh yang bervolume. Tetapi, fashion bukan hanya sekedar soal apa yang tampak di mata orang lain. Tak peduli motif, warna atau model baju selama pemakainya percaya diri dan dapat mematutkan diri dengan baik, tak ada masalah.

Beberapa sahabat Vemale mengatakan mereka senang mengenakan baju-baju lucu untuk kepuasan diri sendiri, sebagian mengatakan fashion menjadi sarana mengekspresikan diri. Jadi, fashion bukan terbatas pada persepsi apa yang dilihat lagi, bukan?

4 dari 5 halaman

''Kamu Terlalu Kurus Deh ...''

"Kamu terlalu kurus, deh. Kayanya kamu harus banyak makan."

Curhatan yang ini pernah disampaikan sahabat Vemale yang susah payah menaikkan berat badannya. Ia mengaku, di saat orang-orang sekitarnya kesulitan menurunkan berat badan, ia justru kesulitan menambah berat badannya. Akibatnya, banyak yang menganggapnya sedang sakit serius atau mengalami eating disorder. Wah!

Percayalah, mereka yang terlihat kurus pun ingin punya berat badan ideal. Orang yang kurus dan terlalu kurus pun menyadari tentang berat badan mereka. Tubuh setiap orang memiliki sistem metabolisme yang berbeda dalam mencerna seporsi makanan. Jadi, bukan berarti yang kurus nggak doyan makan 'kan?

5 dari 5 halaman

''Berlekuk Itu Lebih Indah, Lho!''

Foto: copyright tumblr.com

"Namanya real women itu tubuhnya curvy!"

Bagaimana dengan mereka yang tidak punya bentuk tubuh yang berlekuk? Apakah mereka bukan perempuan sesungguhnya? Tenang, Ladies. Jika Anda mendapat komentar seperti ini, jangan dimasukkan dalam hati ya. Setiap orang di dunia ini dilahirkan dengan bentuk dan ukuran tubuh masing-masing. Harapan orang yang ingin melihat tubuh wanita berlekuk dan semua wanita 'harus' seperti itu adalah harapan yang ketinggalan jaman. Semua orang lahir dengan keunikannya masing-masing, jadi mengapa harus menjadi orang lain?