Ramadan Hampir Selesai, Ketahui Pentingnya Membayar Zakat

Fimela diperbarui 16 Jun 2017, 13:10 WIB

Tidak terasa Ramadan sudah hampir selesai. Tinggal menghitung hari saja hingga lebaran datang. Tapi jangan lupa bahwa ada kepentingan lain yang harus kamu lakukan selain mempersiapkan baju lebaran dan membeli kue kering, yaitu membayar zakat.

Sebuah kewajiban seorang muslim untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah sendiri dibayarkan setiap muslim yang mampu sebelum tenggelamnya matahari pada hari terakhir Ramadan. Zakat termasuk rukun Islam ketiga, perintah yang harus dilaksanakan setiap muslim, bahkan Allah swt berfirman,

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah swt dengan memurnikan ketaatan kepadanya dalam menjalankan agama yang lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus." (QS. Al Bayyinah: 05)

Mengapa zakat penting dilakukan? Karena ibarat obat, zakat itu menyembuhkan harta dari penyakit, membersihkan harta yang kamu miliki sehingga berkah. Seperti firman Allah swt.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka yang dengan itu akan membersihkan dan menyucikan mereka. Dan doakanlah mereka. Sesungguhnya, doa engkau [menjadi] ketenteraman jiwa untuk mereka. Dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui.” (QS. At Taubah: 103)

Bukan hanya itu, zakat mampu menghapus dosa, menjadikanmu lebih dekat dengan-Nya, menambah kadar keimanan dan bahkan melatih empatimu sebagai manusia untuk berbagi dan tidak tamak terhadap harta duniawi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tunaikan zakat ya!

(vem/feb)