Aku Kehilangan Penglihatanku Tepat Saat Sedang Bermain dengan Putraku

Fimela diperbarui 30 Sep 2017, 19:30 WIB

Anita Hurton, wanita yang kini berusia 38 tahun mulai mengalami masalah di daya penglihatannya sejak berusia 29 tahun. Ketika memeriksakan diri ke spesialis mata 9 tahun yang lalu, dia diagnosis mengidap Acute Zonal Occult Outer Retinopathy (AZOOR), penyakit retina yang sangat langka yang belum diketahui penyebab pastinya.

Seperti yang dilansir oleh metro.co.uk, penyakit itu tadinya menyerang mata kanannya. Tapi beberapa tahun kemudian malah mata kirinya yang buta. Hilangnya penglihatan di mata kirinya itu terjadi tepat ketika ia sedang bermain dengan putranya.

"Beberapa tahun terakhir hidupku sangat berat. Mengingat ketika masih 29 tahun, saat sedang bersantai sendiri di rumah di malam Kamis dan aku mulai mengedip-ngedipkan mataku. Aku ingat menelepon ibuku dan bilang, 'Mataku rasanya aneh'," ujar Anita. Sejak saat itu kondisi penglihatannya terus memburuk.


Tadinya mata kanannya yang memburuk. Dia masih bisa mengondisikan dirinya untuk melihat meski yang tampak hanya bayang-bayang dan seperti kabut. "Masalah terbesarku adalah aku tak bisa mengenali wajah. Aku bisa mengenali orang yang sudah kukenal, tapi kalau orang asing aku tak bisa mengenali wajahnya. Tak bisa melihat wajah putraku sangatlah menyiksa," ceritanya lagi.



Ibu dari dua anak ini akhirnya menghadapi mimpi buruknya ketika sedang bermain dengan putranya yang baru berusia 1 tahun, Blake. Saat sedang mengajak putranya ke Lincoln, Anita merasa ada yang tidak beres dengan matanya. Ia pun hanya bisa duduk di dalam kedai kopi selama tiga jam tanpa bisa melakukan apa-apa. "Dari kondisi mataku yang masih bisa dikondisikan untuk melihat sedikit, keesokan harinya jadi benar-benar buta," papar Anita.



Meski mengalami trauma kehilangan penglihatannya secara tiba-tiba di saat yang tak pernah disangka sebelumnya, Anita tak kehilangan harapan. Bahkan ia masih ikut lari maraton dan menggalang dana hingga 1.700 poundsterling untuk yayasan penelitian mata Fight for Sight.

"Kami pernah mengalami masa-masa yang sangat buruk, aku dan pasanganku, kami bersedih selama satu minggu setelah kejadian tersebut," kata Anita.




(vem/nda)
What's On Fimela

Tag Terkait