Tips Diet Untuk Penderita Diabetes

Fimela diperbarui 29 Jul 2013, 19:20 WIB

Ladies, jika Anda mengidap penyakit diabetes pasti Anda akan tersiksa, bukan hanya karena masalah kesehatan saja, tetapi Anda harus menjaga makanan apa yang harus Anda makan. Untuk mengurangi resiko diabetes yang makin parah, ada baiknya Anda mencoba untuk diet, terutama diet karbohidrat.

Jika Anda sehari-hari kerap mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, lebih baik Anda menghindarinya untuk sementara waktu ini. Karena hormon insulin pada tubuh Anda tidak bisa bekerja secara maksimal jika Anda terserang diabetes. Selain itu, jika Anda memakai nasi sebagai makanan pokok, lebih baik Anda mencoba untuk menggantinya.

Menurut mayoclinic.com, makanan yang baik untuk Anda yang mengidap penyakit diabetes adalah makanan yang kaya akan serat. Serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu mengontrol kadar gula darah. Makanan tinggi serat termasuk sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan (buncis, kacang polong, dan lentil), tepung gandum dan dedak gandum.

Cobalah untuk mengkonsumsi jantung ikan salmon atau ikan yang lainya dua kali seminggu. Ikan dapat menjadi alternatif yang baik untuk daging tinggi lemak. Misalnya, salmon dan tuna tidak terlalu banyak memiliki lemak jenuh dibandingkan daging sapi atau unggas. Selain itu, ikan seperti salmon, mackerel, tuna, sarden dan bluefish kaya asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan lemak darah yang disebut trigliserida

Nah Ladies, Banyak cara untuk mengurangi atau mencegah diabetes yang Anda derita menjadi lebih parah. Dengan diet mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat tidak hanya mengurangi resiko diabetes yang makin parah, tetapi juga dapat mencegah tubuh Anda terserang penyakit lain yang ingin menghinggapi tubuh anda.

Lucky Kresna Putra

(vem/ova)