10 Tips Upaya Pencegahan Penyakit Cacar

Fimela diperbarui 24 Apr 2014, 19:27 WIB

Ladies, tak sedikit orang yang sudah terserang penyakit cacar air. Penyakit cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, virus yang menyebabkan penyakit cacar ini adalah virus Varicella Zoster. Bicara mengenai penyakit cacar, jangan pernah anggap sepele penyakit ini, sebab penyakit ini tergolong sangat mudah penyebarannya.

Perlu Anda ketahui, seperti halnya dilangsir pada situs ncbi.nlm.nih.gov, penyakit cacar air ini pada permulaannya, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus.

Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.

Kemerahan pada kulit tersebut lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Bercak pada wajah tersebut lama-kelamaan akan pudar sehingga beberapa waktu kemudian tidak akan meninggalkan bekas lagi.

Nah, untuk mencegah tejadinya infeksi bakteri serta komplikasi akibat serangan cacar air bisa dilakukan beberapa upaya berikut ini seperti dijelaskan pada situs cdc.gov, yaitu:

1. Menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.

2. Menjaga kebersihan lingkungan.

3. Memotong kuku yang panjang dan mengikir kuku yang tajam.

4. Mengonsumsi makan bergizi.

5. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.

6. Sering mandi atau mencuci kulit dengan sabun anti kuman.

7. Imunisasi vaksin cacar.

8. Memakai pakaian yang telah dicuci bersih dan kering serta nyaman dipakai.

9. Sering mengganti pakaian jika sudah dirasa kotor atau tidak nyaman.

10. Menghindari sumber penularan penyakit cacar.

 Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)
What's On Fimela