Apakah Aman Bayi dan Balita Minum Kopi?

Mimi Rohmitriasih diperbarui 26 Des 2018, 19:17 WIB

Fimela.com, Jakarta Sejak lama kopi dipercaya memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Minum secangkir kopi juga dipercaya bisa membuat seseorang jadi lebih bertenaga, lebih rileks dan lebih bugar. Karena kepercayaan ini, tidak sedikit orang tua yang menyuapkan kopi pada buah hatinya yang masih bayi dan balita.

Namun, benarkah minum kopi aman bagi bayi dan balita? Melansir dari laman vemale.com, bayi dan balita yang minum kopi sebanyak 1 sampai 2 sendok tetap aman. Dengan catatan, minum sesendok atau dua sendok kopi ini tidak dilakukan setiap hari. Meski aman, sebaiknya kopi tetap tak diberikan pada anak yang masih bayi dan balita.

Ada beberapa dampak kesehatan bagi si kecil yang diberi kopi apalagi diberi dalam jumlah berlebihan. Kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan risiko sakit kepala, masalah pencernaan hingga gangguan tidur pada bayi dan balita.

Kopi adalah minuman yang bersifat menyerap zat besi. Jika kopi diberikan dalam jumlah berlebihan pada bayi dan balita, ini bisa membuat pertumbuhan juga perkembangannya menurun. Di masa pertumbuhan fisik juga perkembangan psikisnya, bayi sebenarnya membutuhkan banyak zat besi.

Meski gusi dan gigi bayi juga balita belum tumbuh sempurna, pemberian kopi dalam jumlah berlebih bisa merusak kesehatan gusi serta giginya. Konsumsi kopi yang ditambahkan gula di dalamnya akan lebih mudah membuat masalah pada gusi serta gigi bayi juga balita. Tak hanya konsumsi kopi, dampak-dampak di atas juga berlaku pada bayi dan balita yang sering diberi asupan teh dalam jumlah berlebih.

Jika memang ingin memperkenalkan kopi ke anak, sebaiknya kopi dikenalkan pada anak saat anak sudah menginjak usia 6 tahun atau lebih. Kesehatan buah hati adalah tanggung jawab setiap orang tua. Pastikan agar kesehatan buah hati selalu terjaga ya.

 

What's On Fimela