Iwa K Tanamkan Keberagaman Lewat Lagu 'Beda'

Syifa Ismalia diperbarui 12 Mar 2019, 08:08 WIB

Fimela.com, Jakarta Rapper ikonik di skena hip hop Indonesia, Iwa K baru saja merilis single barunya yang berjudul Beda. Dalam lagu tersebut, Iwa K bercerita mengenai perbedaan yang ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Melalui single Beda, Iwa K mengungkapkan bahwa perbedaan tidak seharusnya jadi akar permasalahan yang terjadi. Pasalnya negeri Indonesia sejatinya terbentuk karena adanya perbedaan antar suku, budaya, ras, dan agama.

Diakui Iwa, keresahannya mengenai perbedaan inilah yang menjadi latar belakang lagu Beda. Ia juga berharap dengan dirilisnya lagu ini, anak-anak dapat memahami adanya keberagaman di tanah air.

Iwa K rilis single 'Beda' (Daniel Kampua/Fimela.com)

"Artinya kenapa nggak dimulai dari sekarang hal-hal kayak gini, ngajarin anak, saya orangnya tuh beda dan itu emang perlu lagi. Hal tersebut untuk belajar, kalau semua orang sama kamu kapan belajarnya? Kapan kamu bisa belajar mengenal orang?" kata Iwa saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (11/3/2019).

Tak sendiri, Iwa K mengagandeng rapper muda asal Yogyakarta, Mario Zwinkle untuk membawakan lagu Beda. Diakuinya, Iwa memang sudah lama mempikan bisa berduet dengan Mario.

"Tiap dia keluarin video gue tonton, kalau dia manggung gue tonton, gue sampe mikir someday gue cocok sama cara delivery Mario,” kata pria kelahiran Bandung, 25 Oktober 1970 itu.

2 dari 2 halaman

Wujud Apresiasi

Iwa K - Mario Zwinkle (Daniel Kampua/Fimela.com)

Bagi Iwa K, berkolaborasi dengan Mario merupakan bentuk apresiasi dirinya kepada generasi milenial. Ia sangat mensupport antusiasme generasi muda terhadap hip hop, genre yang ia banggakan.

“Sebenarnya ini bentuk apresiasi gue, ketika sekarang generasi millenial udah banyak jalan di hip hop itu gue seneng banget,” papar Iwa K.