5 Cara Tegarkan Diri saat Merasa Hidupmu Tak Seindah Orang Lain

Endah Wijayanti diperbarui 21 Jul 2022, 13:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Hidup di era media sosial seperti ini, mudah sekali bagi kita untuk membanding-bandingkan hidup sendiri dengan hidup orang lain. Tak jarang kita merasa sedih karena hidup kita rasanya tak seindah milik orang lain. Bahkan rasanya seakan kita menjadi orang yang paling tidak bahagia.

Sebelum kita makin terpuruk dengan keadaan atau makin meratapi kesedihan, ada baiknya untuk melakukan sejumlah upaya untuk membuat kita lebih kuat dan tegar lagi. Ada sejumlah cara dan strategi sederhana yang bisa dicoba untuk membantu kita kembali kuat dan makin bahagia dengan hidup kita sendiri. Berikut lima cara sederhan yang bisa dicoba.

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Sadari bahwa Hidup Bukan Perlombaan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Ada yang sudah lebih dulu menikah, punya anak, berkarier dengan jabatan tinggi, membuat karya-karya luar biasa, dan banyak lagi. Semua itu perlu kita terima apa adanya. Tak perlu merasa tertinggal atau lebih terlambat dari orang lain. Hidup bukan perlombaan, apalagi tiap orang punya perjuangannya masing-masing. Jadi, tak perlu merasa terpuruk atau makin mengasihani diri sendiri karena punya hidup yang berbeda sebab pada dasarnya kehidupan tiap orang tak sama.

3 dari 6 halaman

2. Beradaptasi dengan Situasi yang Ada

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Kalau memang hidup kita tak bisa semewah atau semudah orang lain, ya sudah terima saja. Lalu, kita bisa berupaya untuk beradaptasi dengan situasi tersebut. Saat kita tak bisa mengubah keadaan, maka kita perlu menerimanya dengan lebih lapang dada dan berusaha beradaptasi sebaik mungkin.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Melakukan Sesuatu yang Bermakna

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/MALOADDER

Mengutip buku Yes to Life, dalam pandangan Viktor E. Frankl yang dikenal sebagai pencetus Logoterapi, salah satu cara untuk memenuhi makna hidup adalah melalui tindakan atau aksi. Sebagai contoh, menciptakan sebuah karya, bisa dalam bentuk seni atau kegiatan apa pun yang dicintai. Kita bisa melakukan kegiatan yang kita cintai dan membuat sesuatu yang akan bertahan lebih lama dari usia kita. Dengan begini, kita bisa membuat hidup kita jadi lebih bermakna lagi.

5 dari 6 halaman

4. Sayangi Diri Sendiri

ilustrasi merenung sedih/atiger/Shutterstock

Saat kita terlalu jauh melongok ke kehidupan orang lain seringkali kita malah kehilangan kehidupan sendiri. Maka dari itu, kali ini ambil jeda dan waktu khusus untuk mengapresiasi diri. Kembali sayangi diri. Kembali berterima kasih pada diri yang sudah melakukan yang terbaik hingga detik ini. Mengapresiasi perjuangan sendiri akan membuat hidup kita terasa lebih indah.

 

6 dari 6 halaman

5. Perjuangkan Hal-Hal yang Diinginkan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Saat kamu merasa jalan hidupmu lebih lambat dari orang lain, bisa jadi itu memang karena ada hal-hal yang perlu diselesaikan lebih dulu sebelum melangkah ke hal yang lain. Jadi, tak perlu meratapi keadaan atau kehidupanmu sendiri. Tetaplah lakukan yang terbaik dalam hidup. Perjuangkan hal-hal yang memang sesuai kebutuhan dan keinginan.

Hidup kita indah dan berharga apa adanya. Jika memang hidup orang lain tampak lebih indah, tak apa untuk ikut berbahagia. Serta tetap hargai dan perjuangkan hidup kita sendiri yang sebenarnya memiliki keindahan sendiri.

#WomenforWomen