5 Cara agar Dirimu Tak Dipandang Sebelah Mata oleh Orang Lain

Endah Wijayanti diperbarui 06 Nov 2022, 14:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Dipandang sebelah mata oleh orang lain bisa sangat menyakitkan hati kita. Tak hanya itu saja, harga diri kita pun rasanya bisa ikut terluka saat diremehkan oleh orang lain. Untuk itu, menjadi perempuan yang lebih kuat dan tegar sudah menjadi kebutuhan sendiri bagi kita.

Agar tak gampang dipandang sebelah mata oleh orang lain, ada sejumlah upaya yang bisa kita lakukan. Bisa dimulai melalui lima cara sederhana berikut ini. Langsung saja simak uraiannyadi bawah ini, ya.

 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Bersikap Lebih Tegas dalam Berkomunikasi

ilustrasi perempuan dewasa/maruco/Shutterstock

Perlu ketegasan dari dalam diri sendiri agar kita bisa dihargai oleh orang lain. Bukan berarti kita hanya mementingkan kebutuhan dan keinginan pribadi, tetapi kita bisa berusaha untuk berani menunjukkan kelebihan dan kemampuan kita yang bisa berdampak positif bagi sekitar kita. Selain itu, kita juga bisa terhindar dari hubungan atau lingkungan yang toxic saat kita berani bersikap tegas dalam mengambil pilihan atau bertahan di sebuah lingkungan.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Harga Diri

ilustrasi perempuan kerja/imtmphoto/Shutterstock

Takut diremehkan atau dipandang sebelah mata oleh orang lain adalah perasaan yang wajar, dan kita perlu menerima rasa takut tersebut. Dalam menyikapi rasa takut tersebut kita perlu meningkatkan harga diri. Bagaimana caranya? Mengutip buku How to Respect Myself, untuk meningkatkan harga diri, salah satu caranya adalah dengan berani menerima. Kita bisa menerima lebih dulu bahwa kita tak bisa mengendalikan respons atau sikap orang-orang di sekitar kita, tetapi kita bisa mengendalikan cara kita merepons keadaan dengan mengutamakan pikiran jernih.

 

4 dari 6 halaman

3. Memaksimalkan Kelebihan Diri yang Ada

ilustrasi perempuan tertawa/Mallika Home Studio/Shutterstock

 

Saat kamu bisa mengoptimalkan dan memanfaatkannya dengan baik, maka kamu akan lebih hidup menjadi perempuan yang lebih berdaya dan mandiri. Kemandirian bisa menjadi fondasi penting untuk membuatmu jadi lebih kuat. Menekuni pekerjaan yang sesuai minat atau disiplin dalam mengasah kemampuan diri bisa sangat memudahkanmu untuk hidup jadi perempuan yang lebih berdaya dan tidak gampang dipandang sebelah mata oleh orang lain.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Hadirkan Pengaruh atau Dampak Positif

ilustrasi perempuan dewasa/chaponta/Shutterstock

Orang lain takkan meremehkanmu kalau tahu bahwa kamu punya peran penting yang bisa menghadirkan pengaruh baik. Saat orang-orang menyadari bahwa kamu bisa memberi dampak positif bagi lingkungan atau lingkaran sosial yang lebih luas, maka kamu bisa dihargai. Kalaupun ada orang yang meremehkan atau merendahkanmu, itu karena mereka merasa insecure dengan hidup mereka sendiri.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Bahagiakan Diri Sendiri

ilustrasi perempuan dewasa/GaudiLab/Shutterstock

Membahagiakan diri sendiri bisa membuatmu bisa menikmati hidup dengan lebih nyaman. Tak perlu menunggu dibahagiakan orang lain untuk bahagia. Bahkan saat kamu memiliki kemampuan untuk membahagiakan diri sendiri, kamu tak akan terlalu ambil pusing lagi dengan orang-orang yang ingin menjatuhkan atau merendahkanmu. Sebab kamu sudah memiliki mental yang kuat dari dalam dirimu.

Semoga kamu bisa menjalani hidup dengan cara terbaik dan ternyaman untuk dirimu. Tetap jalani keseharianmu dengan hati penuh syukur juga, ya.

 

#WomenforWomen