5 Sikap yang Membuat Hati Damai saat Merasa Tak Sempurna

Endah Wijayanti diperbarui 29 Mar 2023, 15:15 WIB

Fimela.com, Jakarta “There is nothing more rare, nor more beautiful, than a woman being unapologetically herself; comfortable in her perfect imperfection. To me, that is the true essence of beauty.” (Steve Maraboli) Sebagai perempuan kadang kita merasa minder atau insecure dengan hal-hal yang kita anggap tidak sempurna. Ada ketidaksempurnaan yang rasanya selalu muncul di setiap perjalanan kehidupan yang kita jalani. Bahkan soal penampilan pun, tiap kali bercermin rasanya selalu ada hal yang tidak sempurna.

Kini, saatnya untuk berdamai dengan ketidaksempurnaan diri. Kita bisa menyikapi ketidaksempurnaan dengan lebih bijak agar hati bisa terasa lebih damai.

 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Sikap (Sedikit) Cuek

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/mariabamboo

Daripada terus meratapi kekurangan diri, sesekali coba untuk abaikan saja. Bersikap cuek saja. Biarlah kekurangan atau hal-hal yang tampak tak sempurna itu menjadi bagian dari kehidupan. Saat ada hal-hal dari penampilan atau diri sendiri yang tak bisa diubah, tak perlu memaksakan diri untuk mengubahnya.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Sikap Berani Berubah

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Vanatchanan+Buahom

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Kita perlu menyadari bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, maka jangan berharap kesempurnaan. Berharaplah melakukan yang terbaik, untuk menjadi lebih dari masa lalu, tapi bukan kesempurnaan. Kejarlah perubahan, bukan kesempurnaan." Fokuslah untuk membuat perubahan yang lebih baik dalam hidup. Di saat kamu merasa tak sempurna, coba alihkan fokus untuk berani membuat perubahan yang baru atau berbeda. Kedamaian hati bisa hadir saat kita bisa membuat pencapaian baru melalui perubahan yang berani kita upayakan sebaik mungkin.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Sikap Berlapang Dada

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Mrsiraphol

Lapangkan hatimu menerima kekurangan diri. Saat merasa tak sempurna, cobalah untuk melapangkan hatimu lebih luas lagi. Ketidaksempurnaan bisa menjadi pengingat bahwa akan selalu ada hal baru yang perlu dilakukan dan diperbaiki dalam hidup. Sehingga kita bisa selalu memiliki motivasi yang besar menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Sikap Menghargai Kehidupan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lingtsyr

Ketidaksempurnaan menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian dan kehidupan kita. Daripada mencela ketidaksempurnaan yang ada, cobalah untuk mengutamakan sikap lebih menghargai itu semua. Bagian dari kehidupan perlu diterima dan disyukuri. Saat makin bisa menghargai kehidupan, ketidaksempurnaan akan lebih mudah diterima sebagai bagian dari keunikan dan keistimewaan diri.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Sikap Positif

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/pixs4u

Kurangi kebiasaan merendahkan diri sendiri. Cobalah untuk menghadirkan lebih banyak afirmasi positif untuk diri sendiri. Saatnya untuk menciptakan versi dirimu yang kamu sukai dan sayangi. Tak perlu membenci diri sendiri sebab kamu terlahir dengan keistimewaan dan keunikanmu sendiri.

Semoga kamu bisa berdamai dengan ketidaksempurnaan yang ada, ya. Terima kasih sudah berjuang dan bertahan dengan baik hingga titik ini.