Tips agar Anak Cerdas Sejak di Dalam Kandungan

Mimi Rohmitriasih diperbarui 30 Mar 2023, 15:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti menginginkan buah hati yang cerdas. Saat buah hati memiliki otak cerdas, ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua. Ini juga bisa membuat orangtua memiliki harapan yang lebih baik untuk anak ke depannya. Mengenai kecerdasan anak ini, tahukah Mom, jika kecerdasan anak bisa dibentuk sejak anak masih di dalam kandungan. 

Mengutip dari laman healthline.com, sejak di dalam kandungan, sel-sel saraf otak anak sudah mengalami pertumbuhan pun perkembangan. Studi menemukan jika segala hal yang Mom lakukan selama kehamilan, bisa berpengaruh pada kecerdasan anak. Makanan, minuman dan stimulus yang dilakukan Mom kepada janin selama kehamilan, ini berdampak besar pada tumbuh kembang otaknya. Ini juga berdampak besar pada kecerdasan anak saat ia dewasa kelak. 

Ada beberapa tips yang penting dilakukan untuk membentuk otak anak yang cerdas sejak di kandungan. Simak baik-baik tipsnya berikut ini.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Cukupi Asupan Nutrisi Selama Kehamilan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tips pertama yang penting dilakukan adalah mencukupi asupan nutrisi tubuh dan janin selama kehamilan. Untuk dapatkan anak cerdas sejak hamil, penting bagi Mom untuk mengonsumsi makanan yang tinggi asam folat, vitamin A, B, C, kalsium, omega 3, zat besi dan masih banyak lagi.

3 dari 6 halaman

Dengarkan Muratal Quran dan Musik

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Janin yang masih di dalam kandungan ternyata sudah bisa mendengar apa yang ada di luar kandungan. Stimulus kecerdasannya dengan kebiasaan baik mendengar muratal quran atau musik. Penelitian menemukan jika mendengar suara yang menenangkan, bisa bantu janin terhindar dari risiko stres. Ini juga bisa membantunya mengalami perkembangan saraf otak yang lebih baik.

4 dari 6 halaman

Jaga Diri dengan Baik Selama Kehamilan

Ilustrasi Ibu Hamil/copyright shutterstock

Tips selanjutnya adalah, jaga dirimu dan janin dengan baik selama kehamilan. Pastikan untuk lebih hati-hati dalam beraktivitas. Cukupi nutrisi tubuh setiap harinya dan kelola stres dengan baik. Menjaga diri dengan baik adalah cara paling mudah untuk mendapatkan buah hati cerdas sejak ia di dalam kandungan. Hindari segala hal yang membahayakan kehamilan seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan atau sejenisnya. 

5 dari 6 halaman

Miliki Tidur Cukup

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Syda Productions

Ketika Mom memiliki tidur cukup selama kehamilan, ini juga bisa membantu Mom memiliki anak cerdas. Tidur cukup membantu janin bertumbuh dan berkembang dengan baik. Tidur cukup baik untuk otak Mom pun otak janin di kandungan.

6 dari 6 halaman

Membaca dan Bercerita dengan Janin

Manfaat membaca saat hamil./Copyright shutterstock.com/g/interstid

Kebiasaan membaca selama kehamilan, rupanya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak sejak di dalam kandungan. Mom yang rutin mengajak anak berbicara, berbincang atau bercerita, juga membantu anak memiliki otak yang lebih cemerlang. Apa yang dilakukan Mom selama kehamilan, ini berdampak besar bagi tumbuh kembang otak janin di kandungan. 

Itulah sekian tips mudah agar anak cerdas sejak di dalam kandungan. Selain tips di atas, tips lain yang perlu dilakukan adalah tetap aktif selama mengandung, fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan memori serta daya ingat, latih kemampuan diri dengan menyelesaikan latihan soal atau memecahkan masalah, jauhi tempat yang berpolusi, rileks dan usahakan untuk senantiasa bahagia selama mengandung. Semoga informasi ini bermanfaat.