5 Sikap Perempuan yang Ternyata Tidak Disukai Pria

Endah Wijayanti diperbarui 22 Mei 2023, 11:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat seseorang tertarik dan suka padamu, pada dasarnya kamu perlu mengupayakan beberapa hal terkait menjaga sikap. Apalagi ketika kamu berada di fase pendekatan, maka kamu perlu lebih berhati-hati agar gebetan atau seseorang yang kamu sukai tidak makin menjauhimu. Setidaknya hindari sikap-sikap yang memberi kesan buruk.

Seperti lima sikap ini. Lima sikap ini bisa kurang disukai pria. Dengan kata lain, kalau ingin dia bisa makin dekat dan nyaman padamu, hindari sikap-sikap ini. Selengkapnya, siamak uraiannya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

1. Sikap Terlalu Mengendalikan

ilustrasi menolak/Odua Images/Shutterstock

Mengutip buku Beyond Mars and Venus, "Kritik akan memengaruhi pria dan wanita secara berbeda, tergantung pada titik terentan kita. Kerentanan terbesar seorang pria berkaitan dengan perasaan dikendalikan. Bahkan keluhan atau kritik kecil saja yang diungkapkan dengan nada emosional ketidakbahagiaan adalah bahan yang paling melemahkan seorang pria." Sikapmu yang berlebihan dalam mengatur atau mengendalikannya bisa makin membuatnya menjauh. Sebab dia merasa titik lemahnya sedang diserang dan ini membuatnya merasa tidak punya nilai atau harga diri lagi.

3 dari 6 halaman

2. Sikap Sok Menasihati

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Kmpzzz

Kalau pria sedang menceritakan masalahnya atau kamu melihatnya sedang punya masalah, jangan buru-buru menawarkan jalan keluar. Mengutip buku Men are From Mars and Women are From Venus, "Menawarkan nasihat yang tidak diminta kepada pria berarti menganggap ia tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau bahwa dia tidak dapat melakukannya sendiri." Kalau sikapmu terlalu menasihati atau malah cenderung menggurui, dia bisa makin merasa tak nyaman yang pada akhirnya akan menjauhimu.

4 dari 6 halaman

3. Sikap Membandingkan

ilustrasi pasangan bertengkar/maruco/Shutterstock

Kaum pria juga ingin diterima apa adanya. Ketika dirinya dibanding-bandingkan dengan orang atau pria lain, dia bisa merasa harga dirinya disakiti. Sehingga dia pun bisa makin menarik diri. Kalau kamu ingin pria yang kamu sukai bisa lebih dekat padamu, cobalah untuk membuatnya diterima dengan apa adanya tanpa harus membanding-bandingkannya dengan orang lain.

5 dari 6 halaman

4. Sikap Menyalahkan

ilustrasi bertengkar/copyright by takayuki (Shutterstock)

Ketika ada masalah, dan kamu langsung menyalahkannya sebelum mengklarifikasi kebenaran atau mencoba mendengar penjelasannya, pria bisa makin menjauhimu dan menarik dirinya darimu. Sikapmu yang terlalu menyalahkannya hanya akan membuatnya merasa tidak dihargai. Dia pun bisa makin menjauhimu ketika kamu selalu membuatnya di posisi yang selalu salah.

6 dari 6 halaman

5. Sikap Meremehkan

ilustrasi cemburu bertengkar/Dragana Gordic/Shutterstock

Pria bisa sangat sakit hati ketika dirinya diremehkan atau dipandang sebelah mata. Dia bisa merasa seakan-akan dirinya diserang ketika seseorang yang ada di dekatnya memandangnya sebelah mata. Tiap kali meremehkannya, maka dia bisa makin menjauhimu. Bahkan dia akan makin menghindarimu karena tak ingin harga dirinya dilukai lagi.

Itu tadi lima sikap yang umumnya tidak disukai pria dari perempuan. Semoga bisa jadi tambahan informasi yang bermanfaat, ya.