5 Cara Mengusir Rasa Sepi Meski Tak Ada Teman untuk Berbagi

Mimi Rohmitriasih diperbarui 26 Mei 2023, 15:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa hidupmu terlalu sepi? Rasa sepi atau kesepian bisa dialami oleh siapa saja. Mereka yang masih single atau jomblo, juga mereka yang sudah punya pasangan, semuanya rentan terhadap masalah kesepian. Bukan berarti mereka yang jomblo tak pernah bahagia. San bukan pula mereka yang memiliki pasangan selalu bahagia. 

Punya pasangan dan banyak teman tak menjamin kita bebas dari rasa sepi. Apalagi, jika kita tak ada teman berbagi yang benar-benar bisa dipercaya. Lantas jika sudah seperti ini, apa yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa sepi di hati? 

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa sepi. Bahhkan ketika kamu tak punya teman atau sahabat dekat untuk berbagai. Begini beberapa cara tersebut.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Temukan Teman Baru

ilustrasi teman-teman perempuan/CandyRetriever/Shutterstock

Agar hidupmu tak lagi sepi, carilah teman baru yang sefrekuensi denganmu. Adanya teman yang mendukung, bisa membuatmu lupa akan kesepian yang kamu alami. Carilah koneksi yang lebih luas dan banyak lagi. 

Semakin banyak orang yang kamu kenal, akan semakin mudah bagimu menemukan sosok yang tepat untuk teman berbagi. Stop menutup dan mengurung diri saat kesepian. Jika diterus-teruskan, hal ini hanya akan membuatmu semakin rentan mengalami depresi.

3 dari 6 halaman

Terima Keadaan

ilustrasi bahagia tersenyum/GBJSTOCK/Shutterstock

Cobalah untuk menerima keadaan dan berlapang dada akan hal yang sedang kamu alami. Semakin kamu menerima keadaan, akan semakin mudah bagimu untuk merasa lebih bahagia pun bersyukur mengenai apa yang ada dalam dirimu. Penerimaan bisa membuat seseorang makin kuat, semangat dan termotivasi melakukan perubahan yang lebih baik lagi. Termasuk berubah untuk tak kesepian dengan hidup yang dijalani. 

4 dari 6 halaman

Melangkahlah ke Luar, Cari Udara Segar

ilustrasi perempuan bahagia/look studio/Shutterstock

Yuk, mulai dengan bangun lebih pagi, buka pintu, melangkah ke luar dan cari udara segar. Meski hal ini sangat sederhana dan terkesan sepele, ini akan membuatmu merasa lebih nyaman. Perlahan tapi pasti, aktivitas ini akan meduukungmu untuk keluar dari perasaan kesepiaan. 

Jika keluar rumah di sekitar kompleks tak cukup mengatasi kesepiaan, kamu bisa pergi ke tempat-tempat teduh yang masih asri dengan suasana alam indah serta alaminya. Kawasan pedesaan, pantai dan pegunungan akan membuat perasaanmu merasa lebih nyaman. 

5 dari 6 halaman

Olahraga Ringan

Ilustrasi/Shutterstock.com/metamorworks

Kesepian harusnya menjadi kesempatan bagus untuk memulai hidup lebih sehat. Usir rasa kesepian dengan rajin berolahraga ringan. Lari pagi, jalan kaki, senam dan meditasi, bisa mengusir rasa sepi di hati sekaligus bikin kesehatan makin optimal. Agar makin semangat olahraga, lakukan di tempat-tempat di mana banyak orang juga melakukan hal yang sama. Misal di taman kota, jalanan kompleks atau taman belakang rumah yang masih asri. 

6 dari 6 halaman

Dalami Hobi

Ilustrasi perempuan berkebun/copyright shutterstock.com/singh srilom

Kesepian akan hilang ketika kamu gunakan waktu sendiri untuk mendalami hobi. Aktivitas ini tak hanya membuatmu lupa pada rasa sepi yang dihadapi. Ini memungkinkanmu mengenal banyak orang dengan hobi yang sama, lebih dekat dengan diri sendiri dan memungkinkan diri dapatkan penghasilan tambahan lewat hobi. 

Itulah sekian cara untuk mengusir rasa kesepian dalam diri. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.