Sukses

Health

5 Tips Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Makin Semangat dan Bahagia

Fimela.com, Jakarta Kesepian merupakan perasaan yang normal dialami seseorang. Kesepian bisa dialami siapa saja bahkan ketika ia punya banyak teman, sahabat dan kerabat di sekitar. Pada dasarnya kesepian adalah hal yang normal. Tapi, jika perasaan ini sudah berlebihan dan berlarut-larut, ini yang kemudian menjadikannya tidak baik. Kesepian yang berlebihan rentan membuat seseorang stres bahkan depresi. 

Agar kesepian tak berdampak buruk, kamu harus menemukan cara paling tepat untuk mengatasi kesepian tersebut. Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesepian. Apa saja caranya

Mensyukuri Hidup

Cara mudah pertama untuk mengatasi kesepian adalah mensyukuri hidup. Terima dengan baik apa adanya dirimu. Cobalah untuk berdamai dengan sendiri dan menerima segala hal dalam hidupmu. Jujur pada sendiri tentang apa yang kamu inginkan dan tidak. Selama kamu bisa mensyukuri hidup, berdamai dengannya dan menerima hidup itu, perlahan tapi pasti kamu akan merasa lebih lega. Kamu pun akan merasa lebih bahagia. 

Buat Rencana

Buatlah rencana untuk mengatasi kesepian. Miliki jadwal rutin untuk mengusir rasa kesepian tersebut. Dengan adanya rencana dalam hidupmu, kamu akan lebih tahu dengan apa yang harusnya dilakukan ke depannya. Kamu juga akan lebih bisa menggunakan waktu luangmu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan produktif.

Membaca Buku atau Menekuni Hobi

Usir jauh-jauh rasa kesepian dalam diri dengan membaca buku atau menekuni hobi. Ada banyak aktivitas bermanfaat yang bisa meningkatkan wawasan dan produktivitas harian. Membaca buku, menekuni hobi atau berkumpul dengan komunitas tertentu, akan membantumu menjadi pribadi yang lebih semangat, bahagia dan jauh dari kata kesepian.

Memelihara Binatang Peliharaan

Ada banyak binatang peliharaan yang bisa jadi sahabat sekaligus teman curhat. Kuncing pun anjing menjadi hewan yang kerap dijadikan peliharaan. Merawat keduanya, akan membantumu menjadi pribadi yang lebih bahagia. Studi menemukan jika orang yang merawat hewan peliharaan, lebih berisiko rendah terhadap stres, depresi atau pun kesepian. 

Batasi Penggunaan Media Sosial

Untuk mengatasi kesepian selanjutnya, kamu bisa membatasi penggunaan media sosial. Dalam beberapa kasus, kesepian yang dialami seseorang akan semakin parah karena kebiasaan bermedia sosial. Saat kamu melihat orang lain lebih bahagia di media sosial, ini tak jarang membuatmu makin kesepian. Jika hal ini tidak kamu batasi dengan baik, yang ada kamu akan bertambah kesepian. 

Itulah sekian hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesepian. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading