Sukses

Relationship

5 Cara Menyikapi Rasa Kesepian setelah Putus Cinta

Fimela.com, Jakarta Ada sebuah kutipan menarik di buku Conversations on Love, "All of us, at some point, have to learn to get our hearts broken." Kita semua pada titik tertentu dalam hidup perlu merasakan patah hati. Hati yang patah dan terluka memang menyakitkan tapi bisa menghadirkan pembelajaran yang luar biasa untuk mendewasakan diri kita.

Bagi kamu yang baru mengalami patah hati atau sedang berproses untuk memulihkan diri dari luka hati, rasa kesepian yang hadir mungkin akan terasa cukup menyiksa. Rasa hampa yang hadir bisa membuatmu merasa seakan hilang arah dalam hidup. Namun, tak perlu meratapi kesepian yang menghampiri.

 

 

1. Berusaha Terhubung Lagi dengan Diri Sendiri

Saat kesepian menghampiri, cobalah untuk terhubung lagi dengan diri sendiri. Bisa dengan menulis dan menuangkan isi hati dalam tulisan. Atau memberi kesempatan pada diri untuk berlibur atau mendapatkan pengalaman baru dalam hidup. Peralihan dari status menjalin hubungan dengan seseorang dan kini sendiri bisa dimanfaatkan untuk bisa mengenali diri dengan lebih baik lagi.

 

 

2. Akui Saja Rasa Sepi yang Hadir

Rasa kesepian tak perlu dibenci. Setelah putus cinta dan tak lagi menjalin hubungan dengan seseorang yang sudah menempati ruang istimewa di hati, pastinya ada ruang yang terasa kosong ketika sudah tak bersama lagi. Daripada membenci hadirnya rasa sepi, lebih baik menerimanya. Dengan demikian, hati bisa lebih lapang untuk mengakomodasinya.

 

 

3. Tekuni Hal-Hal yang Kamu Sukai

Coba tekuni hal-hal yang kamu sukai. Bisa juga mencoba hal-hal yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Putus cinta bukan berarti segalanya akan terasa buruk. Justru ini bisa jadi awal baru untuk melakukan lebih banyak hal menyenangkan untuk dirimu sendiri.

 

 

4. Ambil Hikmah dari Hubungan yang Sudah Berlalu

Putus cinta memang bukan sesuatu yang menyenangkan. Pengalamannya bisa meninggalkan bekas yang tak mengenakkan. Meskipun begitu, cobalah untuk tetap mengambil hikmah dari semua hal yang sudah terjadi. Rasa kesepian yang hadir bisa menjadi memberi kesempatan untuk melakukan refleksi diri, dan dari sini kamu bisa menata ulang hidupmu dengan lebih baik lagi.

 

 

5. Syukuri Kehidupanmu sebagai Anugerah Terindah

Hubunganmu berlalu dan berakhir, tapi kehidupanmu masih akan terus berjalan. Kesepian masih akan menghampiri di fase kehidupanmu yang berikutnya. Agar suasana hati membaik, cobalah untuk menghadirkan rasa syukur yang lebih dalam atas semua yang sudah kamu alami dan masih ada untukmu saat ini.

Semoga luka hatimu bisa segera sembuh dan pulih lagi, ya. Sambutlah hari baru dengan senyuman baru juga.

Loading