Sukses

Beauty

Fenomena Sampo Kuda: Benarkah Bisa Memanjangkan Rambut?

 

 

Jakarta Jika hanya mendengar nama dan melihat kemasannya tanpa mengetahui fenomenanya, mungkin kamu akan ragu untuk mencoba produk ini.  Nggak hanya membuat rambut kuda terlihat lebih bersinar di pacuan kuda, produk sampo kuda dengan label Mane ‘n Tail ini ternyata sangat digemari. Siapa sangka jika sampo yang ditujukan untuk binatang peliharaan ini jadi produk wajib punya bagi perempuan untuk mendapatkan rambut indah?

Berawal dari tahun 1970, Mane ‘n Tail diracik sendiri oleh Katzev untuk rambut kuda-kuda di peternakannya. Nggak disangka-sangka, rambut kuda yang jauh lebih tebal daripada manusia dapat ditaklukan oleh produk buatannya. Karena penasaran, Katzev mulai menggunakan di rambutnya sendiri, diikuti oleh orang-orang sekelilingnya yang menemui perubahan yang memuaskan untuk keadaan rambutnya.

 

 

Kabar yang beredar dan membuat sampo ini begitu populer adalah kemampuannya untuk mengakselerasi pertumbuhan rambut. Faktanya, sampo kuda nggak membuat rambut lebih panjang dalam waktu singkat, namun formula micro-enriched protein miliknya mampu menjadikan rambut lebih halus, jatuh lebih indah dan nggak kusut sehingga terlihat lebih panjang dari biasanya. Manfaat lainnya didapat dari kandungan pH seimbang yang membuat kadar minyak di kulit kepala stabil sehingga mencegah kerontokan rambut juga menjaga rambut tetap tebal dan lembut sehingga terasa lebih ringan walaupun telah memanjang.

Selain itu, sampo ini memiliki formulasi yang lebih tepat untuk menghilangkan mineral yang biasanya sering tertinggal di kulit kepala walaupun sudah dibasuh dengan air secara terus menerus. Sampo ini juga baik digunakan untuk yang memiliki rambut bermasalah karena tidak mengandung pewangi yang pada umumnya terdapat pada beberapa sampo perawatan lainnya.

Penggunaan sampo kuda ini ternyata tak serta merta adalah ide Katzev semata. Bagi masyarakat Afrika Selatan yang memiliki sejarah rambut yang sulit diatur, sudah menjadi tradisi untuk menggunakan sampo yang diformulasi khusus untuk rambut kuda karena karakteristiknya memang mengandung bahan-bahan untuk menjinakkan rambut yang benar-benar kaku menjadi lembut.

Pada dasarnya, sampo yang dibuat untuk kuda dan manusia memiliki kadar pH yang sama, karenanya nggak masalah kok kalau kamu mau mencoba sampo kuda. Yang membedakannya cuma volume konsentrasinya yang lebih intens. Namun karena formulanya terhitung berat, sampo untuk kuda biasanya nggak dianjurkan digunakan untuk pemilik rambut halus yang licin. Kandungan protein di dalamnya mungkin memicu nutrisi yang lebih pada kulit wajah, sehingga harus hati-hati jika dikenakan oleh orang yang memiliki masalah wajah berminyak.

Sampo kuda memang banyak memberikan hasil yang baik bagi orang yang memiliki tekstur rambut berat seperti keriting atau kaku, setelah pemakaian beberapa konsumennya mengakui perubahan drastis yang terjadi pada rambutnya. Begitupun dengan yang memiliki masalah rambut rusak akibat pewarnaan atau terlalu banyak terkena bahan kimia, sampo kuda terbukti untuk membantu mengakhiri masalah tersebut dengan menjadikan rambut kembali sehat seperti sedia kala.

Kamu juga nggak perlu ragu untuk menggunakan produk ini di rambut anak kecil, karena formulanya aman digunakan untuk siapa saja, dari mulai anak kecil hingga orang tua sekalipun. Seorang ibu di Riverdale bahkan memberikan testimonialnya di situs Mane ‘n Tail kalau putrinya yang berusia 4 tahun nggak menangis lagi ketika rambutnya disisir karena rambutnya jadi nggak kusut lagi berkat sampo ini. Uniknya, bahkan banyak yang mencoba produk mane ‘n tail ini di kukunya dan mulai merekomendasikan untuk memulas sampo kuda di kuku sebagai bagian perawatan kuku untuk menjadikannya lebih kuat dan tak mudah patah.

Ketika menggunakannya, cukup tuang dalam jumlah yang lebih sedikit daripada jumlah sampo yang biasanya kamu gunakan. Cara terbaik menggunakannya adalah kamu dapat mengombinasikan sampo kuda dan sampo biasa dalam jumlah yang seimbang. Nggak harus digunakan setiap hari, kamu bisa menggunakannya berseling dengan sampo yang sudah cocok kamu gunakan sebelumnya. Kamu juga dapat mengombinasikannya dengan menggunakan conditioner untuk hasil terbaik. Jangan lupa untuk selalu membaca informasi produk dengan jelas di dalam kemasannya, agar kamu memilih jenis yang benar-benar tepat untuk kondisi rambutmu.

Selebriti juga menjadi titik tolak popularitas produk ini melejit. Produk buatan USA ini semakin terkenal setelah disebut-sebut oleh Jennifer Aniston sebagai rahasia rambut indahnya. Berawal dari perannya sebagai Rachel Green di serial TV Friends, Jennifer identik dengan rambut panjang ber-layer. Namun di tahun 2011, ia pernah memotong rambutnya menjadi model bob. Walaupun banyak yang menyukai perubahan gaya rambutnya, artis mantan pasangan Brad Pitt ini ternyata menyesal dan langsung mencari produk perawatan rambut terbaik untuk mengembalikan rambut panjangnya. Hingga akhirnya ia menemukan Mane n Tail.

Sejak itu, tak hanya Jennifer, selebriti lainnya seperti Kim Kardashian, Demi Moore dan Sarah Jessica Parker memperpanjang deretan nama yang setia menggunakan sampo kuda.

Produk ini tersedia dalam 6 varian yang berbeda yaitu, Original untuk masalah rambut rontok dan kulit kepala berminyak, Herbal Gro untuk rambut bercabang dan pecah-pecah , Daily Control untuk rambut berketombe, Gentle Clarifying untuk rambut mengembang, Color Protect untuk perawatan setelah mewarnai rambut  dan Deep Moisturizing untuk rambut kering bercabang, rusak dan sering bersentuhan dengan produk-produk berbahan kimia.

Sampo kuda dulu memang cukup susah ditemukan di Indonesia, namun kini produk ini telah tersedia di supermarket besar dan beberapa destinasi kecantikan, termasuk di sociolla. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin mencobanya.

Bagaimana? Tertarik mencoba?

Artikel oleh: Aulia Fitrisari, Beauty Journal Sociolla
Foto: manentail.com

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading