Sukses

Beauty

Tuntaskan Permasalahan Komedo Tanpa Rasa Sakit dengan Buah Semangka

Fimela.com, Jakarta Buah-buahan tak hanya menyehatkan tubuh secara keseluruhan tapi juga bisa membantumu merawat kecantikan dari dalam. Bahkan, jika digunakan di luar pun buah-buahan bisa mengatasi banyak masalah kulit seperti noda hitam, dark spot, kulit kering, dan komedo.

Salah satu buah yang bisa digunakan adalah semangka. Buah yang satu ini memiliki kandungan air sebesar 90% yang bisa menjadi pelembap alami bagi kulit.

Semangka juga kaya akan antioksidan yang bisa meremajakan kulit. Dengan demikian banyak manfaat yang diberi, pakai semangka untuk facial, yuk! Ikuti lima tahap demi tahapnya di bawah ini.

1. Cleansing

Cleansing adalah langkah awal yang amat penting sebelum membersihkan komedo. Agar maksimal, lakukan deep cleansing dengan menggunakan campuran dua sendok makan jus semangka dan satu sendok makan minyak kelapa. Rendam kapas ke dalam capuran tersebut lalu gunakan untuk menggosok seluruh wajah. Setelah itu, bersihkan dengan handuk basah.

 

 

2. Steaming

Tahap ini jangan sampai terlewat. Steaming berfungsi membuka pori-pori dan membersihkan kotoran dari lapisan kulit yang bisa menyebabkan peradangan serta jerawat. Gunakan steamer atau gunakan air panas yang dituang ke dalam mangkuk besar, hadapkan wajah ke permukaannya dan tutup dengan handuk selama 2-5 menit.

3. Scrubbing

Setelah pori-pori terbuka berkat steaming, saatnya angkat kotoran yang bersembunyi di balik pori-pori tersebut dengan scrub. Scrub juga berfungsi mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah tampak kusam. Siapkan saja dua sendok makan jus semangka, 12 sendok teh tepung beras, dan 1/2 sendok teh baking soda, campur dalam wadah sampai halus merata, kemudian aplikasikan ke wajah sambil pijat memutar searah jarum jam. Lakukan 3-5 menit lalu bersihkan dengan air biasa.

4. Massage

Setelah scrubbing, waktunya pijat wajah! Pijatan ini berfungsi memperlancar peredaran darah sehingga wajah lebih rileks dan tidak stres. Untuk pijat, campur dua sendok makan jus semangka, satu sendok teh madu, satu sendok teh jus lemon dan 2-3 tetes almond oil sampai rata. Rendam handuk kecil di dalamnya sampai basah, tempelkan di wajah lalu pijat-pijat wajah selama 5-6 menit.

5. Face mask

Di tahap terakhir adalah masker. Tumbuk semangka lalu pindahkan dua sendok makan hasilnya ke dalam wadah bersama 1 sdm susu dingin. Aduk hingga merata lalu aplikasikan ke wajah, diamkan sampai kering baru bilas dengan air dingin. Selamat mencoba!

;
Loading