Sukses

Beauty

Makanan Terbaik Untuk Anda yang Sedang Sakit

Saat sedang sakit umumnya seseorang akan merasa malas untuk makan karena tidak berselera atau karena terlalu banyak pantangan yang dari penyakitnya itu. Namun, orang yang sedang sakit sangat membutuhkan energi dan zat gizi dalam makanan agar dapat sembuh.

Kebutuhan gizi pada seseorang yang sedang sakit akan meningkat karena dibutuhkan dalam melawan infeksi yang ada dalam tubuh. Makan makanan lebih sedikit akan membuat tubuh Anda sulit untuk sembuh. Jika konsumsi makanan Anda kurang, penyakit akan semakin mudah untuk menyebar dan gejalanya akan lebih terasa sehingga membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.

Saat penyakit flu atau infeksi melanda dan mengurangi nafsu makan, Anda harus tetap menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. Makan dengan porsi kecil dan sering mungkin dapat memudahkan Anda untuk sembuh. Jika Anda tidak mengalami gangguan pencernaan, Anda dapat mencoba beberapa makanan berikut. Beberapa makanan berikut dapat meningkatkan energi dan kekebalan tubuh, selain itu beberapa di antaranya akan menambah nafsu makan Anda, seperti dilansir womenshealthmag.com.

(vem/cha)

Sup dengan kaldu

Sup ayam akan membantu meredakan penyakit terutama penyakit flu. Kaldu ayam mengandung asam amino yang disebut cystein yang dapat mengurangi lendir dalam paru-paru. Kaldu hangat juga dapat membantu melawan infeksi dan hidung mampat pada penderita flu.

Cobalah untuk mengonsumsi sup yang berbahan kaldu saat Anda menderita flu atau pilek. Selain membantu melawan infeksi dan hidung mampet, ini akan juga membantu menjaga kelembaban hidung dan mencegah dehidrasi.

Teh panas

Cairan hangat akan mengurangi sakit tenggorokan dan juga memulihkan saluran pernafasan yang mampat. Kehangatan dari secangkir teh akan membantu Anda untuk merasa lebih nyaman saat sedang sakit.

Minum segelas teh hangat yang kaya akan antioksidan. Anti oksidan pada teh hijau dan teh lainnya dapat membantu kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama Anda sakit. Jika Anda tidak menyukai teh, Anda dapat menggantinya dengan air hangat dan perasan jeruk nipis.

Buah jeruk

Vitamin C sebenarnya tidak dapat mengobati flu yang Anda alami. Namun, vitamin yang terkandung dalam aneka buah jeruk ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda meskipun tidak terlalu signifikan.

Tetapi, buah jeruk juga mengandung banyak anti-oksidan yang dapat mempercepat pemulihan Anda dari penyakit, selain itu anti-oksidan dalam jeruk yang disebut flavonoid dapat mendukung sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Nasi, Roti bakar, dan kraker

Nasi, roti, dan krakers merupakan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna oleh saluran pencernaan. Makanan-makanan ini akan mencegah datangnya mual dan muntah karena kandungan serat di dalamnya.

Setelah mengalami muntah-muntah makanan-makanan tersebut juga dapat menstabilkan keadaan saluran pencernaan. Selain itu makanan ini dapat menjadi sumber energi bagi seluruh aktifitas tubuh termasuk aktifitas sistem kekebalan tubuh.

Pisang

Pisang merupakan buah yang tinggi karbohidrat dan kalium. Kandungan karbohidratnya dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Kandungan kaliumnya yang tinggi dapat menggantikan kalium tubuh yang hilang saat berkeringat, muntah-muntah, atau diare.

Selain itu pisang sangat mudah dicerna dan dikonsumsi orang yang sedang sakit. Jika suhu tubuh terlalu rendah, pisang dapat membantu menstabilkan suhu tubuh tersebut.

Jahe

Menurut penelitian, jahe sangat baik untuk orang yang mengalami mual dan muntah. Jahe dapat mencegah mual dan muntah pada seseorang yang mengalami masalah pencernaan. Selain itu jahe juga dapat meredakan konstipasi atau sembelit saat buang air besar.

Minum jahe hangat akan membuat Anda nyaman sekaligus menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda.

;
Loading