Sukses

Beauty

Apa Sih Pahitan Itu?

Hai Ladies, pernah dengar tentang jamu pahitan? Dilihat dari namanya saja, Ladies mungkin sudah paranoid dan membayangkan bahwa jamu ini adalah jenis jamu terpahit dari yang paling pahit. Eits, meskipun namanya terdengar mengerikan, jamu pahitan adalah jamu yang bermanfaat bagi tubuh loh.

Mengutip dari informasi yang disampaikan kendhilkencana.blogspot.com, jamu pahitan adalah ramuan jamu yang terbuat dari bahan – bahan jamu dengan rasa pahit. Beberapa jenis tanaman herbal yang sering digunakan sebagai campuran jamu pahitan antara lain adalah daun sambiloto, brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule.

Berbicara tentang manfaat ramuan pahit ini, id.wikipedia.org menuliskan bahwa meskipun terkenal baik dikonsumsi sebagai obat untuk penyakit gatal – gatal dan diabetes, jamu pahitan diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit lainnya yaitu kurang nafsu makan, perut kembung, jerawat, pegal – pegal dan pusing.

Membuat jamu pahitan bukanlah sesuatu yang sulit kok Ladies. Yang perlu Ladies lakukan adalah dengan mempersiapkan bahan – bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika tidak tahu harus pergi kemana untuk membeli bahan – bahan tersebut, kios – kios bumbu di seputaran pasar tradisional pasti menyediakan semua bahan jamu pahitan yang Ladies perlukan. Nah setelah mendapatkan semua bahan, cuci bersih kemudian rebus semua bahan ke dalam air hingga mendidih.

Nah, air rebusan seluruh bahan tadi adalah yang dimaksud dengan jamu pahitan. Selamat mencoba.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading