Sukses

Beauty

4 Hal yang Menyebabkan Rambut Rontok dan Kusam

Fimela.com, Jakarta Gaya hidup yang membuat kamu harus beraktivitas di dalam dan di luar ruangan secara terus-menerus. Hal ini dapat berdampak pada kondisi kesehatan rambut. Rambut secara perlahan akan mengalami permasalahan seperti rontok dan kusam.

Namun ternyata bukan hanya lingkungan yang menjadi penyebab rusaknya rambut. Ahli perawatan rambut Inggris mengatakan bahwa setidaknya ada empat faktor yang dapat menjadi penyebab kerusakan rambut.

Seperti yang dilansir dari situs Allwomanstalk, Rabu (22/1), berikut empat faktor dan kebiasaan pola hidup yang menimbulkan permasalahan pada rambut seperti rontok dan kusam.

1. Hair Styling

Proses kimia yang dilakukan pada rambut seperti rebonding, pewarnaan, dan hair styling membuat rambut rentan rusak. Jika tidak dirawat dengan baik, proses kimia yang rutin dilakukan akan menyebabkan ujung akar rambut mati dan hal inilah yang membuat rambut kamu mudah rontok dan kusam.

2. Suhu Panas 

Suhu panas yang diterima rambut terus menerus dapat berasal dari dua hal. Yaitu sinar matahari dan juga suhu panas bahan alat styling rambut, seperti hair dryer. Paparan suhu panas yang berlebihan ini bisa membuat rambut rontok dan kusam.

 

Penyebab rambut rontok dan kusam

3. Mengikat Rambut

Faktor mekanis yang dapat menyebabkan rambut rusak lainnya yaitu mengikat rambut. Mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang dapat membuat rambut kekurangan sirkulasi udara dan rapuh. Terlebih saat tidur, usahakan untuk menggerai rambut kamu agar dapat bebas bernafas dan beristirahat di malam hari.

4. Pengaruh Lingkungan

Perubahan suhu yang drastis dari udara panas ke dingin akan membuat rambut bekerja ekstra. Hal ini dapat memicu munculnya masalah rambut seperti ketombe dan lepek. Suhu lingkungan ini dapat disiasati dengan menggunakan kondisioner pada rambut kamu sehingga tetap lembap serta terhindar dari rontok dan kusam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading