Sukses

Beauty

Produk Skincare yang Mengiritasi Kulit Masih Bisa Ditoleransi, Ini Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang bisa menandingi rasa senang mencoba produk skincare baru, benar? Sayangnya, banyak orang harus merasa kecewa karena kulit yang teriritasi atau tidak cocok dengan produk skincare baru tersebut.

Beberapa orang akan terus menggunakan produk skincare yang mengiritasi hingga kulit mereka menyesuaikan diri. Yang pasti, kamu tidak boleh asal melakukannya.

Dilansir dari self.com, Jumat (17/5/2019), menurut para ahli, produk skincare yang paling sering dikaitkan dengan reaksi iritasi adalah perawatan jerawat dan anti penuaan, seperti asam salisilat daan benzoil peroksida. Asam tertentu, seperti asam glikolat dan asam laktat juga seringkali menyebabkan iritasi dan kulit kering.

Produk pengelupasan fisik juga bisa menyebabkan iritasi kulit jika terlalu sering digunakan. Iritasi biasanya muncul dalam bentuk kemerahan dan kulit mengelupas.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan toleransi kulit terhadap produk skincare. Sudah pernah coba cara yang mana?

1. Mulailah dengan tidak terlalu berlebihan

Jika kamu menggunakan produk skincare resep, pastikan kamu memiliki petunjuk pemakaian yang terperinci. Selain itu, jangan gunakan produk secara berlebihan, para ahli sepakat untuk menggunakan seukuran kacang polong, bahkan kurang.

2. Pelan-pelan

Jika kulit menunjukkan toleransi yang baik, tingkatkan penggunaannya. Namun, peningkatan ini tergantung pada setiap orang, ada beberapa orang yang membutuhkan waktu lebih lama agar kulit mereka dapat menyesuaikan dengan produk yang digunakan.

3. Menggunakan pelembap

Kamu juga mencampurkan produk skincare yang sedang dicoba dengan pelembap dengan tekstur lembut. Gunakan sebelum kamu mengaplikasikan produk lainnya.

4. Hanya gunakan pada saat kulit kering

Mungkin hanya beberapa orang yang menyadari bahwa menggunakan produk skincare yang mengiritasi setelah mandi atau mencuci muka dengan air panas justru dapat memperburuk iritasi. Tunggu setidaknya 30 menit setelah kamu selesai mandi air hangat, sebelum mengaplikasikan produk skincare baru.

 

Tips membuat kulit bisa toleransi terhadap produk skincare baru

Itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah kulitmu bisa memberi toleransi kepada produk skincare baru. Namun, jika dalam beberapa minggu, keadaan kulitmu tidak membaik, sebaiknya hubungi dokter.

Perlu diingat bahwa iritasi adalah efek samping, tidak selalu merupakan pertanda bahwa sebuah produk skincare yang digunakan berfungsi. Ini artinya, semakin banyak kamu gunakan, semakin memperburuk masalah kulit yang timbul.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Skincare dengan Ekstrak Narcissus untuk Hidrasi Kulit Secara Mendalam
Artikel Selanjutnya
Efek Buruk Menggunakan Tabir Surya yang Kedaluwarsa