Sukses

Beauty

Rambut Bisa Terkena Dampak Buruk Sinar Ultraviolet

Fimela.com, Jakarta Bahaya sinar UV bagi kulit sudah bukan rahasia lagi. Pentingnya penggunaan sunscreen pun tak henti diinformasikan agar lebih banyak orang yang aware untuk lebih menjaga kulitnya. Satu hal yang mungkim masih sering terlupakan; bahwa bukan hanya kulit--khususnya kulit wajah-- yang bisa mendapatkan bahaya dari sinar UV, tapi juga rambut.

Karena dampaknya yang belum disadari, kemungkinan masih minim pula tindakan preventifnya. Untuk itu, ketahui bagaimana efek negatif sinar UV terhadap rambut, yuk!

Rambut rapuh, kering, dan susah diatur

Sinar UVA dan UVB dari matahari dapat merusak lapisan terluar rambut yang terdiri atas keratin dan melanin. Lama kelamaam, rambut pun akan kehilangan kelembapan alami dan strukturnya melemah, hingga menjadi terlihat kering, rapuh, dan susah diatur.

Sunburn di kulit kepala

Hal ini bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Di kulit bagian terbuka saja rasanya perih dan mungkin gatal, bagaimana jika di kulit kepala? Rambut pun akan terkena dampaknya. Rontok dan ketombe sangat mungkin terjadi karena sunburn di kulit kepala.

 

Berubah warna

Yang satu ini mungkin sudah disadari, rambut akan berubah warna jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Yang hitam jadi kekuningan, yang berwarna pun pudar dan membuatnya terlihat kusam.

Rambut bercabang

Kurangnya perawatan akan berakibat ujung rambut bercabang karena banyak terjemur matahari. Hal ini terjadi karena rambutmu kehilangan kekuatan alaminya seiring dengan paparan sinar matahari tersebut.

Nah, kalau sudah tahu apa dampak paparan matahari terhadap rambut, jangan tunda untuk melakukan perlindungan dan perawatan intens, sama seperti merawat kulit wajah, ya!

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Trik Meluruskan Rambut Tanpa Merusak Ikal Alaminya
Artikel Selanjutnya
Cara Melindungi Rambut dari Bahaya Sinar UV Matahari