Sukses

Beauty

3 Alasan Terlarang Gunakan Body Lotion untuk Wajah

Fimela.com, Jakarta Kebutuhan dan pentingnya pelembap semakin tinggi baik di musim kemarau maupun musim hujan. Body lotion menjadi solusi praktis untuk memberikan hidrasi secara cepat untuk kulit.

Disarankan untuk mengaplikasikan body lotion benar-benar setelah mandi ke seluruh tubuh. Pastikan semua lekukan tubuh teraplikasikan body lotion secara merata. Namun bagaimana dengan wajah? Apakah bisa diaplikasikan body lotion?

Terdengar praktis memang mengaplikasikan satu jenis pelembap dari ujung kaki hingga ujung rambut. Namun melansir dari Boldsky pada Selasa (5/11/2019) justru tidak disarankan untuk mengaplikasikan body lotion sebagai pelembap wajah. Apa alasannya?

1. Perbedaan pada kulit wajah dan tubuh

Kulit wajah dan tubuh memiliki tekstur yang berbeda. Sehingga membutuhkan formula produk yang berbeda pula untuk memenuhi kebutuhan hidrasi kulit. Kulit di wajah jauh lebih tipis dan halus dibandingkan kulit tubuh. Sebum yang dihasilkan kulit wajah juga jauh lebih banyak dibandingkan kulit wajah.

pH, suhu, kapasitas kehilangan air, dan aliran darah pada kulit wajah dan tubuh juga berbeda. Kulit wajah lebih banyak terkena sinar UV berbahaya dan kondisi yang lebih keras. Sehingga perlu dimanjakan secara berbeda.

 

2. Formula body lotion dan moisturizer berbeda

Dengan target tekstur dan kebutuhan kulit yang berbeda otomatis formula yang dihasilkan oleh body lotion dan moisturizer pun juga berbeda. Body lotion mengandung bahan kimia keras yang mungkin merusak kulit.

Selain itu, body lotion memiliki konsistensi yang lebih kental. Ia akan menambahkan kelembapan pada kulit dan memiliki bahan kimia yang mampu menyegel kelembapan kulit. Sementara di pelembap wajah memiliki fungsi untuk meningkatkan hidrasi kulit dan anti aging.

3. Dapat menyebabkan masalah kulit

Kulit wajah menghadapi lebih banyak masalah, seperti jerawa, komedo, dan noda. Sehingga kulit wajah membutuhkan produk non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Selain lebih tebal, body lotion memiliki lebih banyak aroma dan bahan kimia yang lebih keras di dalamnya. Bukan tidak mungkin pori-pori bisa tersumbat. Dengan bahan kimia yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit wajah.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Jenis Pelembap dan Manfaatnya untuk Semua Tipe Kulit
Artikel Selanjutnya
Mencoba Pelembap 2-in-1 yang Bikin Kulit Sehat Terawat