Sukses

Beauty

6 Tips Perawatan Wajah dengan Menggunakan Serum Vitamin C

Fimela.com, Jakarta Serum vitamin C memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah. Agar hasilnya maksimal, pastikan kamu memilih jenis serum yang tepat dan cara menggunakannya hingga penyimpanannya. Sara Hogan, MD, dokter kulit di UCLA Medical Center, Santa Monica, mengatakan bahwa vitamin C dapat menghaluskan kerutan, mencerahkan, dan menunda penuaan dini pada wajah.

Tidak semua produk kecantikan dengan kandungan vitamin C memberikan hasil yang sama. Sangat penting untuk membaca keterangan yang ada pada produk dan mengetahui cara yang benar untuk memakainya.

Dilansir dari self.com, ada beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari produk perawatan serum yang mengandung Vitamin C.

1. Gunakan serum vitamin C di pagi hari

Tidak ada salahnya untuk memakai serum vitamin C pada malam hari. Tetapi, manfaat paling banyak dari serum vitamin C adalah saat kamu memakainya di pagi hari sebelum kamu melakukan aktifitas di luar rumah. Untuk pemakaiannya, kamu harus menunggu serum vitamin C menyerap ke kulit kamu. Vitamin C dapat menjadi kurang efektif ketika terkena cahaya, maka dari itu sangat penting untuk memberikan waktu serum vitamin C menyerap ke kulit.

2. Gunakan dengan tahapan yang tepat

Saat yang tepat untuk menggunakan produk tergantung pada jenis produknya. Untuk serum, sebaiknya kamu mengaplikasikannya sebelum menggunakan pelembap. Jangan lupa untuk membiarkan serum kamu menyerap sekitar tiga menit.

3. Pilih jenis produk sesuai dengan masalah kulitmu

Setiap produk serum vitamin C mengandung konsetrat vitamin C yang berbeda-beda. Biasanya berkisar dari di bawah 5% hingga 30% dan kandungan ini dapat memberikan efek yang berbeda. untuk kamu yang memiliki kulit kering, biasanya menggunakan serum vitamin C dengan konsentrat lebih rendah sekitar 5% agar tidak menyebabkan iritasi. sedangkan yang memiliki kulit beminyak dapat ditangani oleh serum vitamin C dengan konsentrat yang lebih tinggi.

4. Jangan campurkan dengan bahan tertentu

Vitamin C umumnya cukup aman dan dapat ditoleransi dengan baik. Tetapi, hindari mencampurnya adalah benzoil peroksida dan retinol, yang dapat mengoksidasi vitamin C dan tidak dapat bekerja optimal. Kamu masih bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida dan retionol dengan waktu yang berbeda. Serum vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

5. Pastikan untuk menyimpan produk dengan benar

Vitamin C sensitif terhadap cahaya dan udara. Jika terkena cahaya dan udara, vitamin C akan mengoksidasi menjadi asam dehydroascorbic. Jadi, serum vitamin C harus disimpan di tempat yang kedap udara. Untungnya, sudah banyak produk vitamin C yang dikemas dengan tepat.

 

6. Perubahan Warna

Serum vitamin C seharusnya tidak berwarna atau jika sudah mengoksidasi akan berubah warna menjadi kuning atau cokelat kemungkinan akan bekerja kurang efektif. Sebaiknya, hindari produk vitamin C yang telah berubah warna.

Loading