Sukses

Beauty

3 Tahapan Tepat Merawat Rambut Keriting Secara Efektif

Fimela.com, Jakarta Selain unik, rambut keriting akan membuat tubuh bagian atas terlihat lebih bervolume. Di sisi lain, rambut keriting memerlukan perawatan khusus.

Rambut kering dan hilangnya definisi rambut keriting menjadi penyebab dari perawatan rambut yang salah. Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan rambut selembut mungkin untuk meminimalisir terjadinya kerusakan. Yang perlu kamu perhatikan adalah pilihan sampo dan teknik penggunaan alat pengeriting rambut.

Melansir dari Purewow pada Jumat (6/3/2020) kamu bisa merawat rambut keriting dengan tiga langkah yang tepat. Penasaran seperti apa caranya?

1. Pembersihan

Kebanyakan sampo mengandung sulfat, surfaktan, dan silikon yang keras. Sehingga menghilangkan kelembapan dan membuat berkurangnya definisi keriting pada rambut. Sementara kamu harus memastikan rambut tetap bersih, disarankan untuk menggunakan sampo bebas sulfat.

Fokuskan pada kulit kepala dengan memijatnya menggunakan jari-jari. Bilas dengan air dingin untuk membantu menutup kutikula rambut dan mengunci kelembapan pada kulit kepala.

 

2. Conditioner

Setelah rambut dibersihkan, gunakan kondisioner untuk membantu melembutkan dan memelihara rambut keriting. Orang dengan rambut keriting sebenarnya tidak memerlukan kondisioner setiap hari karena justru akan membuat rambut berminyak. Sehingga disarankan untuk menggunakan kondisioner seminggu sekali untuk mempertahankan kelembapan.

Jika menggunakan kondisioner, taruh produk di atas rambut kemudian tutup dengan shower cap. Tunggu 15-30 menit sebelum dibilas.

3. Styling

Untuk penataan rambut sendiri tergantung dari gaya yang disuka dan diinginkan. Namun yang paling penting adalah kamu harus paham cara penataan di musim panas dan dingin adalah berbeda.

Mulailah dengan konsisioner tanpa bilas atau produk rinngan yang membantu menutrisi rambut keriting, melembapkan rambut, serta mengurangi rambut kusut. Gunakan minyak rambut untuk mengunci kelembapan pada akar hingga ujung rambut.

Pijat lembut kulit kepala dan oleskan krim untuk menutup kutikula rambut. Produk krim juga dapat digunakan untuk membuat rambut keriting menjadi lebih hidup dan mempertahankan kelembutannya. Kemudian keringkan rambut keritingmu.

#changemaker

Loading