Sukses

Beauty

Jenis Asam Ini Ampuh Mengatasi Masalah Komedo, Pernah Coba?

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah masalah kulit yang paling umum, sekaligus paling menyebalkan. Banyak artikel menerbitkan cara-cara untuk mengatasi masalah komedo, apa yang telah kamu lakukan?

Namun, tahukah kamu bahwa asam glikolat adalah jenis asam yang dipercaya paling ampuh dalam mengatasi masalah komedo? Asam glikolat adalah asam yang sangat efektif untuk mengurangi dan membersihkan komedo.

Asam alfa hidroksi memiliki molekul yang lebih kecil, yang berarti dapat menembus lebih dalam ke pori-pori, berfungsi melarutkan kotoran berlebih, seperti sebum dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori, yang pada akhirnya menjadi komedo. Selain itu, asam glikolat juga dapat mendukung pergantian sel, menciptakan sel-sel kulit yang baru, yang lebih sehat, seperti dilansir dari byrdie.com.

Cara kerja asam glikolat pada kulit

Asam laktat dan asam malat juga merupakan eksfolian. Namun, karena susunan kimianya, kedua asam ini tidak dapat menembus kulit sedalam asam glikolat, menjadikannya kurang efektif untuk mengatasi masalah komedo.

Asam glikolat memiliki molekul terkecil dalam kelompok AHA, sehingga mampu menembus kulit lebih dalam dan mudah, menjadikannya paling efektif untuk mengatasi masalah garis halus, jerawat, komedo, dan kulit berminyak. Pengelupasan kimiawi menggunakan asam ini akan sangat efektif jika dilakukan dengan tepat.

Asam glikolat bekerja dengan cara mengendurkan lapisan luar sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Agen pengelupas kimiawi yang lembut ini memungkinkan sel-sel untuk terlepas lebih mudah, tanpa menyebabkan terlalu banyak iritasi.

Manfaat penggunaan asam glikolat pada kulit

Selain itu, penggunaan asam glikolat dalam produk skincare bermanfaat untuk membuat kulit lebih halus dan cerah. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari asam glikolat.

1. Melawan tanda-tanda penuaan

Asam glikolat memicu produksi kolagen, yang pada akhirnya mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

2. Mengatasi hiperpigmentasi

Bekas jerawat, bintik-bintik gelap, dan kerusakan akibat paparan sinar matahari akan menciptakan pigmen berlebihan yang disimpan di sel kulit mati. Asam glikolat bekerja dengan membersihkan kulit dari pigmentasi berlebih ini melalui pengelupasan kulit.

3. Meratakan warna dan tekstur kulit

Asam glikolat juga menghilangkan minyak berlebih dan kotoran, yang membuat kulit lebih halus merata.

4. Mencerahkan kulit

Asam glikolat melepaskan sel kulit mati untuk menampilkan kulit baru dan cerah di bawahnya.

Saat mulai menggunakan asam glikolat, penting untuk memperhatikan reaksi kulitmu. Sensitivitas dan kemerahan adalah indikasi umum bahwa kamu harus mengurangi konsentrasi asam glikolat yang digunakan dan frekuensi pemakaiannya.

Selain itu, asam glikolat dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga disarankan untuk mengaplikasikannya di malam hari, atau penggunaan di siang hari harus diikuti dengan tabir surya. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Rutinitas Perawatan Rambut Harian Dokter Muda Clarin Hayes
Artikel Selanjutnya
5 Cara Alami Atasi Ketombe Membandel

Live Streaming

Powered by