Sukses

Beauty

Tips DIY Terbaik untuk Menghilangkan Komedo

Fimela.com, Jakarta Dari semua permasalahan kulit, komedo adalah salah satu yang paling mengganggu dan sulit dihilangkan. Semua orang bisa mengalami masalah komedo, bukan hanya mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat saja.

Cara terbaik untuk menghilangkan komedo adalah ekstraksi. Namun, penting untuk memahami beberapa hal sebelum kamu mengekstraksi komedo.

Kamu mungkin sering melihat alat mengekstrak komedo, yang sebenarnya disebut ekstraktor komedo, seperti dilansir dari stylecaster.com. Bentuknya kecil dan umumnya dijual dengan harga terjangkau.

 

 

Penggunaan ekstraktor komedo

Ekstraktor komedo adalah alat untuk menggantikan penggunaan jari, sehingga jauh lebih aman. Karena komedo bukan jerawat, maka titik hitam yang sering kamu lihat sebenarnya adalah sebum dan sel kulit mati yang mengenai udara dan teroksidasi menjadi hitam.

Sebelum menggunakan ekstraktor komedo, sebaiknya kamu bersihkan terlebih dahulu dengan alkohol, agar tidak menempatkan bakteri di kulit wajah dan menyebabkan lebih banyak masalah. Tempatkan lingkaran alat di area yang memiliki komedo dan tekan lembut.

Jangan menekan terlalu keras, mengikis, atau menggosok alat pada kulit, karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Alat ini juga tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering.

Tips menghilangkan komedo

Untuk mengatasi masalah komedo, masukkan produk eksfoliasi ke dalam rutinitas kecantikanmu. Gunakan produk pembersih, serum, dan masker dengan kandungan asam glikolat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi sebum.

Penggunaan AHA tidak akan menyumbat pori-pori, meningkatkan pergantian sel, dan menghilangkan sel kulit mati yang menempel di pori-pori kulit. Sebelum melakukan eksfoliasi atau menggunakan ekstraktor komedo, cuci wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk membantu mengendurkan pori-pori dan komedo menjadi lebih mudah keluar.

Sedangkan beberapa masalah komedo atau jerawat membutuhkan penanganan dokter, sehingga kamu perlu berhati-hati agar tidak mencoba mengatasinya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Intip Rekomendasi Produk Bedak Terbaik untuk Pemilik Kulit Berminyak
Artikel Selanjutnya
Mengatasi Masalah Ketombe dan Kulit Kepala Kering dengan Tea Tree Oil