Sukses

Beauty

4 Jenis Komedo Wajah dan Cara Mengatasi Komedo

Fimela.com, Jakarta Banyak masalah kulit yang sering terjadi pada perempuan. Salah satu masalah kulit yang dialami adalah komedo. Komedo adalah masalah kulit yang disebabkan karena pori-pori tersumbat. 

Komedo memiliki bentuk benjolan yang kecil. Komedo dapat muncul di wajah dan memiliki warna hitam atau warna putih. Komedo merupakan bakal jerawat ringan yang muncul di permukaan kulit wajah.

Agar tidak keliru, Sahabat Fimela harus mengetahui tentang beberapa jenis komedo. Cara mengatasi komedo ini harus dilakukan dengan konsisten. Berikut jenis komedo di wajah, dan cara mengatasi komedo: 

Jenis Komedo Wajah

1. Komedo Hitam

Jenis komedo yang pertama, yaitu komedo hitam atau yang sering disebut dengan komedo terbuka, yang biasanya muncul di hidung. Komode hitam terjadi karena pori pori yang tersumbat di bagian hidung, mengalami oksidasi oleh udara, dan membuat komedo berubah warna menjadi warna hitam. Selain itu, folikel kulit menjadi lebih besar, karena adanya penumpukan sebun dan sel kulit mati.

2. Komedo Putih

Komedo putih atau yang biasa disebut dengan komedo tertutup, dan biasa ditemukan disekitar hidung. Komedo putih merupakn sebuah benjolan, yang disebabkan karena pori-pori tersumbat, namun tidak mengalami oksidasi. Komedo putih terletak dibawah epidermis kulit, sehingga tidak teroksidasi, dan memiliki warna putih serta ukuran kecil yang runcing.

Jenis Komedo Wajah

3. Mikro Komedo

Jenis komedo yang berikutnya adalah mikro komedo. Mikro komedo merupakan komedo yang berukuran sangat kecil. Mikro komedo juga tidak terlihat oleh mata. Mikro komedo sebenarnya muncul sebelum terbentuk komedo putih, maupun komedo yang hitam.  Karena memiliki bentuk yang sangat kecil sehingga harus dilihat dengan mikroskop.

4. Makro Komedo

Terakhir, makro komedo yang memiliki ukuran besar, dan sangat terlihat dibagian wajah. Jenis komedo makro komedo ini, biasanya memiliki ukurang diameter rata-rata 2 cm hingga 3 cm. Sehingga komedo ini diberi nama makro komedo.

 

Cara Mengatasi Komedo

Memiliki komedo di wajah, bisa menyebabkan kepercayaan diri seorang perempuan menjadi menurun. Komedo yang tidak segera diatasi akan menyebabkan peradangan jerawat di wajah. Untuk itu, atasi komedo dengan segera.

Komedo bisa dihilangkan dengan cara mencuci wajah secara teratur. Sahabat Fimela juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit. Jangan lupa untuk menghindari penggunaan produk kosmetik yang mengandung minyak dan memperbaiki pola makan yang baik serta mengonsumsi air putih yang cukup.

Jagalah kebersihan kulit wajah secara rutin, seperti melakukan double cleansing setelah menggunakan makeup. Gunakan produk perawatan yang tepat akan membantumu untuk mengatasi komedo. Ubah pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan melakukan olahraga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading