Sukses

Beauty

8 Cara Atasi Kulit Berminyak Tanpa Repot dan Dijamin Sukses

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak adalah musuh semua orang. Tak hanya tampilan kulit yang terus mengkilap. Kulit berminyak mampu menyebabkan banyak hal, mulai dari jerawat, komedo, hingga tampilan kulit kusam.

Untuk mengatasi kulit berminyak, kita harus pahami penyebabnya. Seperti yang dilansir dari Elle.com, kulit berminyak sering disebabkan oleh folikel rambut di kulit, dan keseimbangan kulit yang tidak terjaga, sehingga kulit kerap berminyak.

Lalu bagaimana cara mengatasi kulit berminyak? ada 8 cara yang bisa kamu coba di rumah. Diantaranya adaalah:

1. Bersihkan wajah dengan rutin

Saat kamu memiliki kulit berminyak, maka pastikan untuk membersihkan wajah secara rutin. Lakukan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Hal ini berguna untuk mengontrol minyak pada kulit. Dan sebaiknya, usahakan untuk memakai pembersih wajah dengan formula lembut sehingga kelembapan kulit lebih terjaga.

2. Pahami produk untuk kulit berminyak

Patut diketahui jika produk untuk kulit berminyak biasanya mengandung formula yang keras. Alkohol, astringent, dan sulphates, kerap ditemukan pada produk untuk kulit berminyak. Biasanya formula tersebut cenderung membuat kulit kering. Jadi, usahakan tidak dipakai setiap hari agar keseimbangan kulit tetap terjaga.

3. Jangan lupa pakai moisturizer

Moisturizer atau pelembap memang terkesan akan menambah minyak pada kulit. Padahal, hal ini justru akan menjaga kelembapan kulit dengan baik. Solusinya, pilih pelembap sesuai kebutuhan. Pelembap dengan tekstur gel akan membantu melembapkan kulit dengan baik tanpa terasa berat dan menjadikannya semakin berminyak.

4. Andalkan Salicylic

Acid penting berada di dalam ritual kecantikan. Gunakan BHA seperti salicylic acid untuk mengontrol kadar minyak di kulit dan membantu mengatasi pembentukan komedo dan jerawat.

5. Perhatikan asupan makanan

Akar dari masalah kulit adalah pencernaan. Bagi kulit berminyak, hindari gula, produk olahan susu sapi, yang mampu menambah kadar minyak di kulit. Cobalah untuk perbanyak konsumsi zinc, magnesium, vitamin B, dan omega 3 yang berkontribusi pada produksi minyak di kulit.

6. Pertimbangkan hormon

Hormon di dalam tubuh dapat menyebabkan produksi minyak tidak seimbang. Hormon yang berkontribusi pada produksi minyak adalah androgens yang dapat menyebabkan kulit jadi semakin berminyak dan breakout.

Biasanya terjadi akibat stres, perubahan hormon, dan siklus menstruasi. Untuk mengmbanginya, maksimalkan tidur yang cukup dan imbangi dengan olahraga sehingga tubuh lebih seimbang.

7. Clay mask

Clay mask mampu mengatasi kulit berminyak dengan baik. Jadi, pastikan untuk mengoptimalkan kondisi kulit agar keseimbangannyaa terjaga dengan rutin menggunakan clay mask setidaknya 2 kali dalam satu minggu.

8. Pilih foundation secara bijak

Saat kamu memiliki kulit berminyak, maka long-wear liquid foundation akan sangat sempurna untuk dipakai sehari-hari. Tak hanya itu, jangan lupa untuk mempertahankan foundation dengan loose powder yang tidak akan menjadikan makeup berat dan tidak menimbulkan komedo di kulit.

Dengan 8 cara di atas, maka kulit berminyak akan terkontrol dengan optimal.

 

 

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Berani Berubah: Bangun Rumah Makan Gratis di Masa Krisis, Bisnis Salon Chia Paramita Makin Laris
Artikel Selanjutnya
Menggunakan Darah Sendiri untuk Atasi Masalah Rambut Rontok akibat Stres