Sukses

Beauty

Cara Mengurangi Tampilan Kantung Mata Akibat Faktor Genetik Menurut Dermatologis

Fimela.com, Jakarta Memiliki kantung mata tidak melulu karena kelelahan, bisa juga karena faktor genetik. Pasalnya area bawah mata menjadi area yang lebih tipis dan kerap diabaikan dalam perawatan kulit dasar.

Ketika kantung mata merupakan akibat dari faktor genetik, kamu tidak bisa menghilangkannya secara total. Hanya bisa dikurangi tampilannya sehingga tampilan secara keseluruhan wajah tampak lebih segar.

Dilansir dari Allure, seorang dermatologis menjelaskan bagaimana mengurangi kantung mata akibat faktor genetik.

1. Retinoid

Dengan penggunaan berulang, retinol dapat merangsang produksi kolagen. Membuat kulit tidak terlalu tipis dan memperbaiki lingkaran hitam. Retinoid membantu membangun kembali kolagen kulit sehingga memulihkan volume dan kekencangan kulit.

 

2. Tidur telentang dan kenakan bantal ekstra

Cobalah untuk tidur dengan posisi telentang dan kenakan bantal ekstra agar cairan tidak menggenang di area mata sepanjang malam. Bungkus bantal dengan pelindung agar terhindar dari debu dan tungau. Bisa jadi kantung matamu disebabkan oleh alergi debu. Sedangkan untuk sarung bantal, direkomendaskan menggunakan sarung bantal sutra yang lembut dan sejuk.

3. Gunakan makeup remover yang lembut

Anggaplah selalu bahwa bagian bawah mata itu merupakan kulit sensitif. Karena terlalu tipis, kulit bawah mata kerap mengalami trauma dan iritasi yang menyebabkan peradangan kulit. Sehingga ketika menghapus makeup, usahakan bersikap selembut mungkin pada area mata. Caranya dengan usap lembut satu arah.

4. Tidur lebih nyenyak

Cara termudah untuk mengurangi munculnya kantung mata adalah melakukan rutinitas tidur 7-8 jam perhari. Jangan minum alkohol apalagi kafein beberapa jam sebelum tidur.

 

5. Kantung teh

Teh berkafein yang mengandung tanin alami bersifat diuretik ringan dan telah digunakan sejak lama untuk mengurangi kantung mata. Bukan untuk diminum melainkan rendam kantung mata teh dalam air hangat lalu dinginkan kantung tersebut dalam lemari es selama beberapa menit. Kompres setiap mata dengan satu kantung teh celup selama lima menit untuk memberikan rasa segar dan area mata terlihat lebih cerah.

6. Trik makeup

Jika sedang buru-buru, lakukan cara ini sebagai strategi terakhir untuk mengatasi kantung mata. Gunakan corrector dan concealer untuk menyiasati tampilannya sementara.

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading