Sukses

Beauty

5 Masker dengan Bahan Alami untuk Mengatasi Wajah Keriput dan Kusam

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah keriput dan kusam menjadi tanda terjadinya penuaan dini. Perlu dipahami jika tanda penuaan dini bisa terjadi di usia pertengahan 20 tahun. Hal ini disebabkan karena kurangnya perawatan kulit hingga faktor eksternal lainnya yang menyebabkan kulit wajah menjadi keriput dan kusam.

Salah satu faktor eksternal yang bisa menyebabkan wajah keriput dan kusam adalah stres dan paparan sinar matahari. Kedua faktor ini memicunya bintik hitam dan kulit yang mengendur.

Terjadinya kulit wajah keriput dan kusam bisa dihindari dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat serta rajin menggunakan bahan alami sebagai masker. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi wajah keriput dan kusam.

1. Kopi

Kopi mengandung antioksidan, seperti polifenol yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, ia akan membantu mengurangi bintik-bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. Campurkan 1 sendok makna kopi dengan satu sendok teh bubuk kakao dan minyak kelapa. Oleskan pasta di wajah dan leher selama 15-30 menit. Kemudian bilas dengan lembut menggunakan air mengalir.

 

2. Beras

Beras mengandung asam linoleat dan squalene untuk meningkatkan produksi kolagen. Sehingga ia membantu menjaga elastisitas kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Sementara kandungan vitamin B dari beras akan mendorong pertumbuhan sel dan memperlambat penuaan. Kamu bisa menggunakan kapas yang direndam air beras selama 15-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Pisang

Pisang mengandung nutrisi yang dapat melawan kerutan dan membantu memudarkan bintik-bintik penuaan. Nutrisi dalam pisang juga membantu melawan keriput dan menjaga kulit tetap kencang. Caranya, haluskan pisang secukupnya dengan tambahan 1 sendok air mawar. Campur dan oleskan ke wajah. Biarkan mengering selama 15-30 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Oatmeal

Oatmeal dapat menyerap semua kotoran yang menempel di pori-pori kulit. Kandungan antioksidan di dalmanya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ada juga kandungan beta glukan yang membentuk lapisan tipis di kulit berfungsi untuk mengencangkan kulit. Tumbuk 1 sendok oatmeal bersama 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh madu, dan air mawar. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 10 menit, lalu bilas.

5. Kunyit

Studi menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi untuk memperlambat penuaan. Kunyit dapat memiliki sifat antimutagenik yang dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan dapat menunda penuaan. Caranya, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 3 sendok teh air mawar. Aduk hingga merata dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading