Sukses

Beauty

5 Makanan Ini Ternyata Bisa Memicu Timbulnya Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah umum yang dialami setiap orang. Bahkan menurut data Healthline, hampir 10 persen populasi di dunia memiliki permasalahan jerawat.

Ada banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat, termasuk di antaranya produksi sebum dan keratin, bakteri penyebab jerawat, hormon, pori-pori tersumbat, hingga pembengkakan.

Tak hanya itu, ada faktor lainnya yang tanpa disadari memicu pertumbuhan jerawat, salah satunya melalui konsumsi makanan sehat. Walaupun menyehatkan, beberapa makanan ini jika dikonsumsi secara berlebihan, justru memicu pertumbuhan hingga peradangan jerawat.

Melansir dari Insider, berikut ini 5 makanan sehat yang perlu kamu hindari untuk mencegah timbulnya jerawat.

1. Kedelai

Fakta bahwa kedelai mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh memang tak bisa disangkal lagi. Namun sayangnya, jika dikonsumsi dalam jumlah besar kedelai justru dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Hal ini disebabkan kandungan fitoestrogen pada kedelai yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengurangi kadar estrogen hingga mengganggu keseimbangan hormon. Karena ketidakseimbangan hormon itulah akhirnya memicu timbulnya jerawat, kemerahan, dan kerutan.

2. Kacang

Kacang-kacangan mengandung asam lemak esensial omega-3 dan omega-6 yang penting untuk tubuh, terutama menjaga kesehatan jantung. Namun faktanya, konsumsi asam lemak sehat ini secara berlebihan juga bisa memengaruhi jerawat.

Konsumsi asam lemak omega-6 yang berlebihan, diketahui dapat meningkatkan peradangan jerawat. Beberapa jenis kacang tersebut di antaranya kacang kenari, kacang pinus, dan almond. Untuk dapat meminimalkan dampak kacang pada jerawat, konsumsi kacang secukupnya ya, Sahabat Fimela.

 

3. Udang

Bahan atau senyawa lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah yodium. Waspadailah makanan yang mengandung yodium tinggi, seperti udang dan kerang.

Meski rendah kalori, kandungan unsur kimianya yang tinggi tersebut justru dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang memiliki kadar asam lemak omega yang sehat, salah satunya adalah salmon. Selain bergizi, salmon tidak akan merusak kulitmu.

4. Susu

Tak dapat dipungkiri lagi, zat gizi yang terdapat pada susu sangat penting untuk tubuh, terutama dalam hal pembentukan tulang yang kuat. Akan tetapi ternyata konsumsi susu dapat meningkatkan kadar hormon insulin dan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1).

Kedua hormon ini diketahui dapat merangsang kelenjar untuk memproduksi minyak berlebih, sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat. Karena itu, konsumsi susu berlebih sebaiknya perlu dihindari, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi kangkung dan brokoli untuk mendapatkan kalsium.

5. Sereal

Riset menunjukkan orang yang sering mengonsumsi asupan tinggi gula dan karbohidrat olahan memiliki risiko terkena jerawat lebih tinggi. Makanan tersebut salah satunya adalah sereal.

Mengonsumsi sereal diketahui dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah. Kadar gula dalam darah yang tidak seimbang tersebut akhirnya menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat hingga kerutan. Selain sereal, makanan yang mengandung tinggi gula dan karbohidrat olahan lainnya dapat kamu temukan pada roti, kerupuk, mie, dan masih banyak lagi.

Penulis: Hilda Irach

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading