Sukses

Beauty

Urutan Tepat Menggunakan Produk Perawatan Wajah Menurut Pakar Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela tentu memiliki berbagia produk perawatan wajah, mulai dari pembersih wajah, serum, hingga sunscreen. Namun percuma jika tidak digunakan dalam urutan yang benar, hanya akan merugikan untuk wajahmu. 

Tapi tak perlu khawatir, untuk mengetahui dengan tepat bagaimana dan kapan harus menggunakan produk perawatan wajah dalam rutinitas sehari-hari, Tom Odgen, pakar perawatan kulit dari brand kecantikan Alpha H akan membantumu. 

Melansir goodhousekeeping, Tom mengungkapkan poin terpenting saat mengaplikasikan produk perawatan kulit dengan tekstur yang tipis. Itu berarti aplikasi produk cair dan berbahan dasar air terlebih dahulu, kemudian kenakan produk yang paling kental seperti krim dan minyak. 

“Formula yang lebih tipis tidak akan menembus tekstur yang lebih tebal dan tidak ada yang bisa menembus minyak," kata Tom.

Jadi seperti apa seharusnya rutinitas perawatan wajah pagi dan malammu?

Rutinitas pagi 

Perawatan siang hari harus diarahkan untuk melindungi dari matahari dan polusi. Seperti antioksidan, pelembap, dan tabir surya.

Bersihkan wajah di pagi hari, lalu oleskan krim mata terlebih dahulu.  Hal ini dilakukan karena krim mata mengandung campuran bahan aktif ampuh diaplikasikan pada kulit yang belum terkena produk skincare lainnya. 

Berikutnya adalah toner, lalu serum, karena memiliki berat molekul lebih rendah daripada krim (yaitu lebih tipis) dan mengandung bahan-bahan yang perlu menembus kulit agar benar-benar bekerja. Perhatikan juga kandungan yang ada di serum, seperti vitamin E dan asam ferulic, vitamin C dan E. Kandungan ini dapat memperbaiki bintik hitam dengan lebih baik saat berada di bawah tabir surya, sehingga sempurna untuk penggunaan sehari-hari.

Terakhir, gunakan pelembap siang hari dan tabir surya.  Biarkan tabir surya meresap sepenuhnya (ini akan memakan waktu setidaknya 7 menit) sebelum mengaplikasikan riasan.

 

Perawatan malam hari

Kulit perlu istirahat dan perbaikan semalaman, jadi sertakan bahan-bahan untuk membantunya, seperti asam glikolat atau retinol serta serum, krim atau minyak yang menghidrasi.

Setelah membersihkan wajah di malam hari dan menghapus riasan apa pun, mulailah dengan menggunakan krim mata dan serum.  

Jika menggunakan acid peel, gunakan hanya 1-2 kali seminggu dan pada malam-malam di mana tidak menggunakan retinoid untuk menghindari pengelupasan kulit yang berlebihan. 

Selanjutnya, gunakan pelembap malam hari, yang seringkali lebih kaya dari formula digunakan di pagi hari.  Akhirnya, Tom merekomendasikan mengoleskan facial oil digunakan terakhir karena menerapkan ini pada tahap lain tidak akan memungkinkan produk lain menembus kulit.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Jerawat Muncul di Seluruh Tubuh
Artikel Selanjutnya
Kenali 6 Penyebab Munculnya Jerawat di Sekitar Mulut