Sukses

Beauty

7 Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab selama Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Selama berpuasa, perawatan rambut tetap harus rutin dilakukan, terutama bagi perempuan berhijab. Dilansir dari shampoolounge.com, berikut adalah tips perawatan rambut untuk memastikan rambut tetap ternutrisi dan dirawat dengan baik, walaupun berhijab.

Biarkan rambutmu bernapas

Sebagai seseorang yang mengenakan hijab, dapat dimengerti bahwa kamu harus menjaga rambut rapi sepanjang hari. Ini berarti rambut cenderung diikat, agar tetap terselip di balik pakaian. Namun, setelah berada di rumah, yang terbaik adalah membiarkan rambut tergerai agar rambut dan kulit kepala dapat bernapas dengan baik.

Gunakan produk perawatan rambut secara rutin

Menggunakan hijab seharian bisa menjadi sangat gatal terutama jika tinggal di daerah beriklim lembab dan sering berkeringat. Kamu sangat tidak disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering akan menghilangkan minyak alami kulit kepala, yang akan menyebabkan rambut kering dan rapuh. Cara terbaik adalah menggunakan kondisioner tanpa bilas agar rambut menyerap kelembapan. Sebagai alternatif, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan sampo kering untuk menyegarkan kulit kepala.

Selain itu, usahakan sebaik mungkin untuk menghindari mandi air panas. Kedengarannya menggoda terutama jika kamu berada di iklim yang lebih dingin. Mandi air panas dapat merusak rambut karena air panas dapat merusak kulit kepala dan rambut. Mandi air dingin disarankan karena dapat menutup pori-pori untuk sementara dan meratakan folikel rambut. Karenanya, ini akan meningkatkan kemampuannya untuk mencengkeram kulit kepala dan mengurangi rambut rontok.

Kenali jenis rambutmu

Setiap orang memiliki rambut yang berbeda. Baik itu lurus, keriting, atau bergelombang, penting bagimu untuk memahami kebutuhan rambut. Jenis rambutmu akan menentukan seberapa sering kamu perlu keramas dan produk yang tepat untuk digunakan. Bagi mereka yang memiliki rambut lurus, mungkin bisa melakukan keramas setiap hari, tetapi pastikan untuk menggunakan kondisioner setiap empat atau lima hari sekali saja. Sementara pemilik rambut keriting atau bergelombang disarankan untuk mencuci rambut tiga kali seminggu dan menggunakan kondisioner setiap satu atau dua kali.

 

Disarankan untuk rutin memotong ujung rambut

Kamu tidak harus memotong rambut secara signifikan, tetapi memotong ujung rambut secara teratur adalah cara terbaik untuk menghilangkan ujung yang bercabang. Dianjurkan untuk melakukan pemotongan setiap empat hingga enam minggu untuk memastikan rambut tumbuh dengan sehat.

Gunakan produk dan alat penataan yang tepat

Produk alami sangat dianjurkan karena tidak mengandung bahan kimia buatan. Minyak alami seperti minyak argan dan minyak kelapa adalah produk alami yang bagus untuk menutrisi rambut tanpa menghasilkan minyak. Minyak alami yang tepat untuk jenis rambut akan memastikan kulit kepala terasa lembut dan lembab. Ini juga akan membuat rambutmu bersinar alami.

Gunakan juga sisir dan sikat alami karena akan lebih lembut pada rambut dan akan membantu mendistribusikan minyak alami rambut secara merata. Ini secara signifikan akan mencegah rambut rontok dan patah. Selain itu, menyisir rambut meningkatkan sirkulasi dan kesehatan kulit kepala.

Keringkan rambut dengan benar sebelum menggunakan hijab

Mengeringkan rambut sangat penting untuk mencegah kerusakan pada akar rambut, terutama bagi rambut yang akan diikat sepanjang hari. Rambut akan kusut dan bau jika tidak dibiarkan mengering dengan benar.

Jika memungkinkan, berikan waktu yang cukup bagi diri sendiri untuk mengeringkan rambut. Namun, jika kamu terburu-buru atau tinggal di iklim yang lebih dingin di mana akan lebih sulit untuk mengeringkannya dengan udara, pastikan untuk mengeringkannya dengan benar.

Cuci dan dalaman hijab

Tips ini sepertinya sudah jelas tetapi tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali. Karena kamu menggunakan jilbab sepanjang hari, ketombe dan debu dapat dengan mudah menumpuk di bawahnya karena bersentuhan langsung dengan rambutmu. Untuk kesehatan rambut, penting untuk menjaganya tetap bersih dan segar. Yang terbaik adalah memiliki dua-tiga dalaman jilbab (ciput, inner ninja, dan bonnet) yang rutin diganti.

Pilihlah hijab yang sesuai

Perhatikan gaya hijab dan bahan hijabmu. Apalagi, bisa dimaklumi jika kamu ingin menjajal tren hijab terkini. Gaya hijab adalah gaya pribadi tetapi penting untuk memperhatikan apa yang terasa nyaman. Waspadai bahan hijab apa yang tidak cocok untuk kamu.

Hijab tersedia dalam berbagai bahan seperti katun, sutra, satin dan jersey. Utamakan kebutuhanmu saat memilih jilbab. Kamu membutuhkan sesuatu yang bisa membuat kepalamu tetap bernapas dan tidak terlalu ketat untuk mencegah rambut rontok.

 

*Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebagai Hari Kemenangan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Idul Fitri
Artikel Selanjutnya
Tips Makeup Tahan Lama dan Anti Nempel di Masker untuk Lebaran