Sukses

Beauty

Jangan Tertipu! Ini 7 Perbedaan Kosmetik Asli dan Palsu

Fimela.com, Jakarta Melihat banyak kosmetik dengan harga murah, jangan langsung kamu tergiur dan nafsu untuk membelinya. Selain sudah terbukti palsu, barang palsu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Bila ingin aman dan mengikuti prosedur yang tepat, belilah kosmetik di brand toko asli yang menjual kosmetik tersebut. Selain asli dan aman, pembelian kosmetik asli pun juga baik untuk diri kamu, baik untuk kesehatan, baik juga bagi percaya diri kamu.

Namun, kosmetik yang mahal dan mendatangkan banyak diskon juga tidak menjamin kalau barang tersebut asli. Nah, buat kamu sebagai pecinta kosmetik, jangan sampai tertipu barang palsu nih, bisa rugi. 

Nih, seperti yang dilansir dari Brightside.me, ada 7 perbedaan mengenai kosmetik asli dan palsu.

1. Membeli makeup di toko aslinya.

Hindari membeli kosmetik di tempat eceran yang tidak terpercaya. Selain sudah dijamin itu barang palsu, kosmetik yang dijual dieceran juga sangat berbahaya pada kesehatan kamu. Bila kamu ingin mendapatkan kometik yang asli dan terbuktu kualitasnya, jangan ragu untuk langsung membeli di toko aslinya.

Perbedaan kosmetik asli dan palsu. (via: Brightside.me)

2. Memerhatikan kemasan.

Salah satu cara untuk memastikan kamu mendapatkan kosmetik asli adalah dengan mengunjungi situs web produsen dan melihat apakah produk yang kamu lihat sama persis dengan yang gambar online. Bahkan ketidak cocokan terkecil seperti font, warna, ukuran kemasan, atau bahkan berat produk menandakan barang tersebut palsu.

Perbedaan kosmetik asli dan palsu. (via: Brightside.me)

3. Periksa barcode, nomor seri, dan informasi manufaktur.

Jika produk itu palsu, maka 2 atau 3 digit kode bar mungkin tidak cocok dengan negara asal yang terdaftar baik pada kemasan atau produk itu sendiri. Juga, nomor seri paling sering hilang. Sebelum kamu membeli sesuatu, pastikan bahwa nomor seri pada produk itu sendiri sesuai dengan nomor pada kotak.

Juga, produk asli selalu memiliki daftar bahan-bahannya. Dalam kemasan kosmetik sering memberikan penjelasan dengan informasi tambahan dalam beberapa bahasa. Jika kemasan sangat sedikit memberikan informasi tentang produk, maka sudah dipastikan kosmetik tersebut palsu.

Perbedaan kosmetik asli dan palsu. (via: Brightside.me)

4. Periksa produk.

Untuk menghindari membeli kosmetik palsu, kunjungi situs web produsen untuk melihat warna dari setiap produk makeup yang nyata dan asli.

Perbedaan kosmetik asli dan palsu. (via: Brightside.me)

5. Memperhatikan bau dan konsistensi.

Kosmetik asli seharusnya tidak memiliki jenis zat aneh di dalamnya, terlebih produk tersebut matte. Kosmetik berupa krim juga seharusnya tidak mengandung kotoran. Begitu juga dengan lipstik palsu biasanya terlihat kurang menarik dan memiliki beberapa ketidaksempurnaan. Jika produk memiliki bau yang tidak sedap atau wangi menyengat, maka itu tidak asli. Juga, tongkat dari maskara palsu mungkin terlihat berbeda dari yang asli.

perbeda

6. Periksa kuas dan spons.

Jika kemasan produk palsu terlihat sangat mirip dengan yang asli, salah satunya kamu bisa terlebih dahulu memeriksa kuas dan spons. Dengan begitu, kamu bisa tahu berbeda dalam ukuran, bentuk, warna, dan kualitas keseluruhan yang tidak memuaskan.

Perbedaan kosmetik asli dan palsu. (via: Brightside.me)

7. Coba makeup sebelum membeli.

Jangan ragu untuk mencoba kosmetik di toko sebelum kamu membelinya. Cara ini mengantisipasi kamu agar terhindar dari kosmetik yang palsu, juga bisa membuat kamu menentukan kosmetik apa yang cocok di kulit kamu.

Perbedaan kosmetik asli dan palsu. (via: Brightside.me)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading