Sukses

Beauty

Keriput di Wajah karena Terlalu Sering Olahraga, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Melakukan olahraga memang sangat baik untuk tubuh, apalagi untuk kamu yang ingin memiliki tubuh ideal, olahraga rutin sangat membantu sekali. Namun, bila sering olahraga, kamu akan jadi cepat keriput, benarkan?

Maka dari itu, tak heran jika saat ini ada banyak masyarakat yang senang melakukannya. Namun, di balik manfaat yang disuguhkan, terlalu sering berolahraga dapat berakibat buruk bagi kecantikan kulit, bahkan kabarnya dapat memicu timbulnya keriput. Hmm, benarkan demikian?

Efek penuaan dini umumnya akan mulai terjadi dan meningkat secara cepat saat seseorang mulai memasuki usia 30-an. Namun, kemunculan efek ini dapat maju lebih awal jika seseorang melakukan kegiatan olahraga dalam intensitas yang berlebihan.

Hal ini pun dibuktikan dengan adanya hasil penelitian dari Dr. Annet King yang menyatakan bahwa terlalu sering berolahraga hanya akan mengakibatkan penuaan dini datang lebih awal. Apalagi olahraga yang dilakukan masuk dalam kategori olahraga yang cukup berat, seperti kardio dan lari. 

Director of Training and Education dari salah satu klinik kecantikan terbesar di Amerika Serikat ini juga menambahkan bahwa kedua olahraga tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kadar oksigen serta memicu timbulnya efek buruk radikal bebas yang dapat merusak serat kolagen dan elastin pada kulit dan terjadi keriput.

Olahraga bisa buat keriput?

Memaksakan tubuh untuk melakukan olahraga dalam durasi yang berlebihan rupanya juga dapat menyebabkan timbulnya stres pada otot. Nah, pada saat otot mengalami stres, kolagen yang terdapat pada kulit pun akan ikut terpengaruh, sehingga mengalami pecah-pecah.

Jika sudah begitu, munculnya tanda-tanda penuaan pun sulit untuk dihindari. Semakin sering seseorang berolahraga, maka pelepasan radikal bebas pada tubuhnya pun akan semakin sering terjadi. Kondisi seperti ini sebenarnya tak boleh dianggap sepele, lho! Pasalnya, pelepasan radikal bebas terlalu banyak tak hanya akan membuat penuaan dini muncul lebih cepat, tapi juga bisa menyebabkan kusamnya kulit serta rusaknya pembuluh darah.

Meski begitu, bukan berarti kamu nggak boleh rutin melakukan olahraga setiap hari, lho! kamu tetap bisa melakukan olahraga setiap hari asalkan porsi dan program latihannya dilakukan secara pas dan tidak berlebihan. 

Sebisa mungkin, kamu juga perlu untuk menyeimbangkan pola makan yang teratur, terutama banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar kesehatan dan kecantikan bisa terlihat seimbang.

 

 

Penulis: Andini Aprilliana

Sumber: Vemale.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading