Sukses

Beauty

Sehat Ternyata Memang Harus Mahal!

Next

medical check up

Istilah medical check up memang sudah familiar, tapi itu nggak selaras dengan keasadaran kita untuk melakukannya. Kalau bukan untuk kepentingan rekruitmen pekerjaan atau prosedur sebuah perusahaan, bisa dibilang medical check up hanya dianggap sepintas lalu dan kurang penting. Padahal, kita sebagai perempuan pada khususnya, adalah target untuk berbagai macam penyakit kompleks dan seringkali terlambat terdeteksi. Bukan saja kanker payudara, tapi juga kesehatan rahim serta kekuatan tulang dan persendian yang sering absen dari perhatian. Tanda lain kalau perempuan adalah makhluk yang kompleks dari segi medis adalah paket medical check up untuk perempuan pasti akan lebih tinggi harganya dibanding laki-laki. Itu karena khusus untuk perempuan akan ada pemeriksaan tambahan seperti Pap Smear, pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan, mammografi, serta Ca 125 untuk mendeteksi kanker ovarium.

Harga medical check up memang tergolong mahal, namun pihak rumah sakit biasanya menyiasatinya dengan menyediakan beberapa paket yang fasilitas dan harganya bervariasi. Akan ada paket premium, premarital, hingga standar, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan usia pasien. Beberapa rumah sakit malah menyarankan untuk mengambil paket terlengkap bagi pasien yang baru pertama kali melakukan medical check up sepanjang hidup mereka.

Jadi, harus berapa dana yang kita siapkan untuk sebuah medical check up? Penelusuran pertama kami menuju ke Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Untuk sebuah paket Platinum, harga Rp. 4.600.000,- dikhususkan untuk perempuan, sementara untuk laki-laki berkisar di harga Rp. 3.700.000,-. Yang membuat harga medical check up untuk perempuan lebih mahal adalah adanya biaya tambahan untuk melakukan Pap Smear, pemeriksaan oleh obgyn, Mammografi, dan Bone Densitometry untuk mendeteksi osteoporosis dan keretakan tulang. Sebagai sebuah paket yang lengkap, paket ini juga mencakup Spirometry untuk mengecek kesehatan paru-paru, Treadmill test untuk memeriksa kesehatan jantung yang didukung dengan Chest X-Ray, Audiometry untuk mengecek pendengaran, dan Ankle Brachial Index untuk mengecek pembuluh darah di pergelangan kaki yang bisa menjadi indikator untuk kesehatan koroner.

Next

 

medical check up

Setelah itu, kami beralih ke Rumah Sakit Royal Taruma, Daan Mogot, Jakarta Barat. Di sini, tersedia paket Platinum yang memasang harga Rp. 6. 150.000,- khusus perempuan, lebih mahal Rp. 50.000,- dibanding untuk laki-laki. Di paket ini, selain pemeriksaan fisik, mata, penyakit dalam, THT, gigi, dan gizi yang tersedia di paket medical check up pada umumnya, juga mencakup pemeriksaan syaraf oleh dokter spesialis. Pemeriksaan laboraturiumnya tergolong lengkap karena sudah merangkap anti HIV, CEA sebagai Pertanda Tumor, hingga Venereal Disease Research Laboratory untuk mendeteksi penyakit sifilis. Sama seperti di rumah sakit sebelumnya, perempuan mendapatkan pemeriksaan khusus untuk mengecek kesehatan rahim, kelamin, dan payudara.

Tempat terakhir yang kami sambangi adalah Rumah Sakit Umum Bunda, Menteng, Jakarta Pusat. Bukan cuma mengkhususkan perawatan pada ibu dan anak, RSU Bunda juga menyediakan paket medical check up yang bervariasi. Bahkan, untuk lebih menarik minat publik agar tergerak untuk memeriksakan diri, mulai dari September lalu hingga Desember mendatang, terdapat promo potongan harga sebesar 20% untuk semua paket medical check up. Paket Komprehenesif sebagai yang terlengkap dibanderol dengan harga Rp. 2.690. 560,- dari harga sebelumnya sebesar Rp. 3.363. 200,-. Di paket terkomplit itu, bisa mendapatkan fasilitas yang umumnya juga ada di sebuah paket lengkap medical check up. Di paket ini juga disediakan pemeriksaan internis, Spirometry, serta pemeriksaan payudara dengan dua opsi yaitu Mammografi dan USG.

Masalah dimana dan berapa harganya, kembali lagi itu hanya pilihanmu, Ladies. Yang terpenting adalah inisiatif untuk mulai memeriksakan diri sebelum sakit dan terlanjur parah. Yuk, check up!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading